waxing
5 min read

Proses Waxing dan Cara Aman Melakukannya, Wajib Tahu!

Proses Waxing dan Cara Aman Melakukannya, Wajib Tahu!
Written by
Full Name
Published on
March 1, 2024

Tren di kalangan wanita, Waxing jadi salah satu metode penghilangan bulu yang banyak dipilih/ Tidak hanya memberikan hasil yang halus dan tahan lama, tapi juga memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan metode penghilangan bulu lainnya. Namun, agar proses waxing lebih aman, penting untuk memahami cara yang benar dan memperhatikan beberapa tips keamanan.

Apa itu Waxing?

Waxing adalah prosedur penghilangan bulu yang melibatkan penggunaan lilin panas atau lilin dingin yang ditempatkan di area tertentu dan kemudian dicabut dengan menggunakan kain atau kertas epilasi. Seringkali, ada kesalahpahaman yang menganggap waxing dan threading terlebih di bagian wajah. Supaya tidak salah, sebaiknya kamu mengetahui bedanya waxing dan threading.

Waxing dapat membuat kulit terlihat lebih mulus dan bersih, dan biasanya bertahan selama 3-4 minggu sebelum rambut mulai tumbuh kembali.

Proses Waxing

Sebelum melakukan waxing, sebaiknya kamu mengetahui bagaimana langkah yang benar dan tepat sehingga tetap aman dan hasilnya maksimal. Nah, berikut ini adalah beberapa proses waxing yang harus kamu perhatikan:

Hindari penggunaan krim retinoid sebelum waxing

Krim yang mengandung retinol atau retinoid bisa menyebabkan iritasi dan pengelupasan pada kulit. Jika digunakan bersamaan dengan waxing, hal ini bisa membuat kulit melepuh dan terluka.

Proses waxing by everlash aman & nyaman

Bersihkan area kulit dan keringkan

Sebelum waxing dimulai, pastikan kulit dalam kondisi yang sehat dan bersih. Kamu bisa mandi terlebih dahulu untuk membersihkan kotoran dan minyak pada kulit. Hindari menggunakan produk peeling atau eksfoliasi beberapa hari sebelum waxing.

Ikuti petunjuk dalam menyiapkan lilin wax

Ada banyak jenis produk waxing yang tersedia di pasaran dan setiap produk ini memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda. Kalau kamu menggunakan lilin panas, pastikan untuk memanaskan sesuai petunjuk. Jangan biarkan lilin terlalu panas, karena dapat menyebabkan luka bakar. Uji suhu lilin di area kecil sebelum mengaplikasikannya secara menyeluruh.

Konsultasikan dengan Profesional

Kalau kamu beru pertama kali melakukan waxing atau memiliki masalah kulit tertentu, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli kecantikan atau profesional. Tim yang berpengalaman dapat memberikan saran yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Proses Waxing dan Cara Aman Melakukannya, Wajib Tahu!

Tips Setelah Waxing

Setelah melakukan waxing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan kulit:

  • Perhatikan reaksi kulit setelah waxing. Jika terjadi iritasi atau alergi, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan ahli kecantikan atau dermatologis.
  • Beri ruang pada kulit untuk bernapas. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat, produk losion dengan kandungan parfum yang tinggi, serta deodoran (jika Anda melakukan waxing pada ketiak).
  • Hindari sinar matahari langsung dan air panas. Waxing membuat folikel rambut menjadi terekspos. Maka dari itu, hindari paparan sinar matahari langsung untuk beberapa jam. Kulilt yang baru dicabut bulunya cenderung lebih sensitive terhadap sinar UV. Penggunaan sunscreen juga disarankan untuk melindungi kulit.
  • Kenakan pakaian longgar dan berbahan katun untuk menyerap keringat, dan mengoleskan pelembap bebas minyak dan lembut guna mencegah penyumbatan pori-pori di kulit setelah waxing. Hindari juga bahan alkohol untuk mengurangi kemerahan dan iritasi.

Waxing adalah metode efektif untuk menghilangkan bulu dan membuat kulit terlihat lebih mulus. Namun, penting untuk melakukan prosedur ini dengan benar dan aman untuk menghindari iritasi atau cedera pada kulit. Selalu ikuti petunjuk penggunaan produk waxing dan lakukan perawatan kulit setelah prosedur untuk hasil terbaik.

Jika kamu ragu melakukannya sendiri, ada baiknya kamu pergi ke klinik kecantikan untuk melakukan waxing agar lebih aman dan hasilnya maksimal. Percayakan treatment waxing di Everlash jadi salah satu opsi rekomendasi untuk kamu.

Nikmati pengalaman waxing yang berbeda, menggunakan minyak alami untuk melembapkan kulit. Manjakan dirimu di ruang privat tertutup yang nyaman dan aman. Kami berkomitmen pada kebersihan dengan menggunakan alat-alat yang disterilisasi dan menghindari double dipping. Tunggu apalagi? Yuk, jadwalkan treatment waxing di Everlash sekarang!

Subscribe to newsletter

Subscribe to receive the latest blog posts to your inbox every week.

By subscribing you agree to with our Privacy Policy.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.