Apakah Bulu Mata Extension Dapat Merusak Bulu Mata Asli Anda?

May 31, 2021

Perawatan bulu mata extension atau eyelash extension memang memberi solusi praktis untuk memiliki bulu mata yang panjang dan lentik. Bulu mata yang panjang seketika juga akan tampak lebih tebal, sehingga mata terlihat lebih tajam dan cantik. Sayangnya banyak kabar simpang siur mengenai perawatan satu ini, misalnya kemungkinan rusaknya bulu mata asli. Benarkah demikian?

Apakah Bulu Mata Extension Bisa Merusak Bulu Mata Asli?

Eyelash extension sejatinya adalah perawatan menyambung bulu mata asli dengan bulu mata sintetis. Perawatan ini membutuhkan ketelatenan penggunanya agar awet dan juga aman bagi kesehatan. Sebab kebiasaan tertentu berpotensi merusak extension sekaligus bulu mata asli, yakni menjadi rontok parah dan bahkan menjadi botak. Adapun bentuk kebiasaan yang bisa merusak extension maupun bulu mata asli pasca perawatan adalah sebagai berikut:

● Menggosok bulu mata, terlalu sering dan juga terlalu lama.

● Menggunakan produk makeup yang bahan dasarnya adalah minyak, misalnya maskara waterproof.

● Terbiasa menggunakan eyelash curler alias penjepit bulu mata, sehingga berpotensi menarik bulu mata asli yang perlahan membuatnya rusak.

● Terbiasa tidur tengkurap dengan kondisi bulu mata menempel dan bergesekan dengan permukaan bantal.

Jika hal-hal yang disebutkan di atas lumayan sering dilakukan, maka pada dasarnya perawatan bulu mata extension kurang cocok untuk dilakukan. Sebab pada dasarnya extension ini aman untuk bulu mata asli. Selama kebiasan-kebiasan buruk di atas dihindari dan melakukan berbagai tips untuk membantu menghindari kerusakan bulu mata asli.

Tips Menghindari Kerusakan Bulu Mata Asli

Dari penjelasan di atas tentu bisa diketahui bahwa perawatan extension aman untuk dilakukan, tentunya dengan catatan khusus. Yakni kamu perlu melakukan beberapa tips berikut ini agar kesehatan bulu mata asli terjaga dengan baik:

1. Dilakukan di Salon Kecantikan Terbaik

Tips pertama yang harus diperhatikan adalah memilih salon extension terbaik. Pastikan salon kecantikan profesional, dikenal reputasinya baik dalam memberikan layanan extension, dan juga memiliki terapis berpengalaman dan bersertifikat seperti Everlash. Minimal kamu perlu memastikan salon tersebut bersih. Sebab penanganan extension yang sembarangan dan tidak higienis akan menyebabkan penumpukan bakteri di area lem bulu mata yang diaplikasikan. Hal ini bisa menyebabkan infeksi yang tentunya mengganggu kesehatan mata. Sekaligus menyebabkan kerusakan permanen pada bulu mata asli.

2. Selektif Memilih Material Bulu Mata Sintetis

Tips kedua agar perawatan bulu mata extension aman untuk bulu mata asli adalah mulai mengenal material bulu mata asli. Pilihannya ternyata sangat beragam beberapa bahkan memiliki sifat hypoallergenic sehingga didesain khusus untuk pemilik kulit sensitif dan memiliki riwayat alergi. Jadi, usahakan memilih bulu mata yang sesuai untuk meminimalkan efek samping seperti kerusakan bulu mata asli.

3. Konsultasi Dulu Sebelum Perawatan

Sebelum melakukan eyelash extension idealnya memang melakukan konsultasi dulu, baik dengan dokter maupun dengan terapis. Tujuannya untuk memastikan kondisi bulu mata asli kamu cocok untuk dilakukan extension. Sebab jika bulu mata asli cenderung panjang dan tebal maka resiko kerusakan semakin tinggi. Jadi, wajib konsultasi dulu.

4. Pahami Kebiasaan Diri Sendiri

Tips selanjutnya adalah memperhatikan kebiasaan diri sendiri. Sebab jika terbiasa melakukan hal-hal yang berpotensi merusak bulu mata extension seperti yang disebutkan di atas. Maka kamu sebenarnya kurang cocok melakukan perawatan ini. Lebih baik mencoba perawatan lain dengan hasil serupa, supaya bulu mata asli tetap aman. Hal ini penting karena perawatan untuk melentikan bulu mata bukan hanya extension, sehingga bisa mencari yang paling sesuai dengan kepribadian.

Kalau tips-tips tersebut dilakukan maka dijamin bulu mata extension tidak akan merusak bulu mata asli. Sehingga kamu tidak perlu was-was kelopak mata menjadi botak.

WhatsApp