Apakah Tanam Bulu Mata Palsu Haram? Cek Kebenarannya Yuk!

June 23, 2021

Banyak perempuan ingin melakukan tanam bulu mata untuk mempercantik penampilannya. Namun keinginan ini tidak selalu langsung dilakukan karena khawatir dengan hukum tanam bulu mata menurut Islam. Sebenarnya, praktek ini halal tidak ya? Hukum eyelash extension atau tanam bulu mata palsu tidak bisa langsung ditentukan halal atau haram. Hal ini perlu dikaji lebih dalam. Kamu juga perlu meninjau kembali syarat agar praktek ini diperbolehkan.

Pro Kontra Halal Haram Tanam Bulu Mata

Para ulama memiliki pendapat yang berbeda tentang tanam bulu mata. Banyak ulama yang mengharamkan praktek ini karena dilarangnya menyambung rambut. Namun ternyata ada juga sebagian ulama yang memperbolehkan tanam bulu mata, diantaranya adalah ulama Hanafi. Hal ini sejalan dengan hadits berikut ini. “Aisyah berkata: Subhanallah, tidak ada bahaya bagi wanita yang jarang rambutnya untuk memakai sesuatu dari bulu, lalu menyambung rambutnya dengan bulu itu. Dia berdandan dengan itu (bulu) untuk suaminya. Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam melaknat perempuan yang beruban dan telah uzur usianya, lalu dia sambung rambutnya dengan cara melilitkannya.” (Jami’ Al-Hadits: 43260). Dalam hadits tersebut, dijelaskan bahwa menyambung rambut dalam konteks tertentu diperbolehkan. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami juga akan membahas syarat apa saja yang harus dipenuhi agar tanam bulu mata diperbolehkan.

Syarat Agar Tanam Bulu Mata Diperbolehkan

Sebelum memikirkan dimana lokasi tanam bulu mata terdekat atau berapa biaya tanam bulu mata, ketahui dulu syarat agar praktek ini diperbolehkan. Karena faktanya, jika salah niat atau cara, tanam bulu mata palsu bisa tergolong haram. Simak uraian berikut ini.

1. Awali Dengan Niat yang Benar

Sebelum berangkat ke salon kecantikan untuk tanam bulu mata, ingat kembali apa tujuanmu melakukannya. Secara umum, hadits yang kami sampaikan di atas hanya berlaku bagi perempuan yang memiliki masalah dengan rambut (atau dalam hal ini bulu mata). Perempuan dengan bulu mata yang jarang, diperbolehkan menanam bulu mata palsu dengan tujuan untuk tampil cantik demi suaminya. Dengan demikian, praktek ini hanya halal bagi perempuan yang sudah menikah, dan untuk mempercantik diri di depan suami. Sementara itu jika niatnya adalah untuk menipu, maka hukumnya haram.

2. Tidak Mengganggu Kesehatan Mata

Menganiaya diri sendiri haram hukumnya dalam Islam. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan kesehatan mata saat akan melakukan tanam bulu mata. Tanam bulu mata hanya akan aman bila dilakukan oleh tenaga yang terbukti ahli dalam praktek tersebut. Maka jangan tergiur harga murah jika resikonya adalah membahayakan kesehatan mata. Jika Anda memiliki mata yang sensitif, maka pemilihan lem bulu mata extension juga harus dipilih dengan hati-hati. Dengan begitu, resiko iritasi atau alergi dapat diminimalisasi.

3. Perhatikan Bahan Pembuatan Bulu Mata Palsu

Pilih bulu mata yang tidak terbuat dari bagian tubuh hewan atau manusia. Selain lebih aman dan mengurangi resiko iritasi, bahan sintetis diperbolehkan dalam hukum agama. Kamu juga bisa lebih tenang karena bahan ini relatif lebih steril.

4. Tidak Menghalangi Aliran Air Wudhu

Saat ini sudah banyak salon yang memiliki teknologi agar lem bulu mata maupun bulu mata palsu tidak menghalangi aliran air wudhu. Dengan demikian, kamu masih bisa sholat dan beribadah dengan nyaman meskipun menggunakan extension bulu mata.

5. Gunakan Extension yang Tidak Permanen

Mengubah ciptaan Allah haram hukumnya, oleh karena itu pilihlah extension yang tidak permanen. Dengan demikian, bulu mata extension hanya akan berfungsi sebagai aksesoris biasa. Eyelash extension biasanya hanya bisa bertahan hingga maksimal sekitar 7 minggu, jadi tidak permanen.

Cari Tahu Dulu Sebelum Memulai Proses Pemasangan

Setelah membaca informasi di atas, kamu tentu tahu bahwa niat maupun proses tanam bulu mata palsu tidak bisa sembarangan. Sebelum meminta dipasangkan, sebaiknya kamu mencari tahu seperti apa kredibilitas orang yang akan memasangkan, dan bahan bulu mata palsu yang akan digunakan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk melakukan tanam bulu mata? Jika kamu tertarik bisa melakukannya di Everlash loh.

WhatsApp