Cara Mencegah Efek Penggunaan Eyelash Extension

August 25, 2022

Saat mengobrol dengan seseorang, pandangan mereka sering terfokus. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat penampilan mata. Eyelash extension adalah cara untuk membuat mata Kamu terlihat lebih indah dan menarik.
Selain penampilan, manfaat eyelash extension juga bisa dipertimbangkan. Salah satunya menghemat waktu makeup.
Namun, dalam melakukannya kamu harus memperhatikan beberapa hal. Termasuk kesehatan matamu. Karena setiap hal yang dilakukan akan memiliki risikonya sendiri. Termasuk prosedur ekstensi bulu mata, begitupun eyelash extension natural sekalipun. Ada side effect yang harus diperhatikan. Apa saja itu? Berikut merupakan efek samping yang mungkin muncul:

  1. Rasa menyengat dan terbakar di mata maupun kelopak mata
  2. Pembengkakan
  3. Mata memerah
  4. Ruam-ruam
  5. Bintitan Eyelid acne
    Side effect di atas bisa disebabkan karena kondisi-kondisi tertentu. Seperti kondisi mata yang sedang tidak baik-baik saja. Adanya eyelid dermatitis, blepharitis, alopecia areata, dan trichotillomania.
    Selain itu, side effect ekstensi bulu mata juga bisa didapatkan saat kamu memiliki alergi terhadap bahan kimia perekat. Kemudian proses yang tidak steril juga bisa memperbesar risiko efek samping dari prosedur eyelash extension.

    Cara Efek Samping

    Kamu dapat melakukan beberapa hal untuk mengurangi efek samping eyelash extension. Berikut ulasannya.
  6. Cari tahu klinik yang memiliki reputasi baik. Bisa rekomendasi dari teman terdekat dengan testimoni baik maupun melalui Google.
  7. Lakukan konsultasi dengan dokter mata jika punya kondisi tertentu terkait mata.
  8. Konsultasi dengan terapis ekstensi bulu mata untuk membicarakan kondisi mata kamu.
  9. Lakukan tes terhadap bahan kimia yang digunakan dalam perekat eyelash extension. Bisa kamu lakukan beberapa hari sebelum tindakan dengan mengoleskan pada bagian tubuh tertentu seperti lengan. Jika dalam dua hari tidak ada reaksi negatif, maka bisa dikatakan kamu aman.
  10. Pastikan bahwa proses dan alat yang dipakai oleh klinik steril. Karena ketidaksterilan alat maupun proses bisa memperbesar risiko iritasi.
  11. Pelajari juga bagaimana memperlakukan eyelash extension agar tidak rusak dan menimbulkan efek lainnya.
  12. Pastikan material yang digunakan telah diperbolehkan untuk digunakan. Tidak apa-apa harga eyelash extension menjadi mahal asalkan aman.

Cara tersebut terbukti efektif untuk menghindari adanya peradangan pada mata pasca melakukan eyelash extension. Kamu harus benar-benar memperhatikan kondisi tubuhmu supaya efek samping tidak terjadi berkepanjangan.

Cara Merawat Ekstensi Bulu Mata

Untuk menjaga kekuatan dan umur panjang bulu mata natural kamu, Kamu harus melakukan langkah-langkah berikut saat melakukan eyelash extension:

  1. Jangan gosok, bahkan menarik bulu mata. Akan menyebabkan kelonggaran dan mengubah struktur ekstensi. Jika mata Kamu gatal, gunakan kapas untuk mengurangi gesekan dan tekanan pada bulu mata.
  2. Cuci bulu mata dengan pembersih yang lembut dan bebas minyak. Tidak apa-apa untuk mencuci mata dengan eyelash extension, tetapi jangan menggosok pembersih terlalu keras. Membersihkan bulu mata akan membantu menghilangkan partikel, debu, atau kosmetik. yang dapat masuk ke dalam ekstensi bulu mata.
  3. Menyikat bulu mata akan membantu tetap dalam posisi alaminya dan membuat ekstensi tetap dalam keadaan aslinya lebih lama.
  4. Jangan memakai penjepit bulu mata agar tidak merusak.
  5. Hindari posisi tidur yang bisa merusak eyelash extension kamu.
    Prosedur ekstensi bulu mata yang tepat juga merupakan salah satu faktor utama yang membuatnya bertahan lebih lama. Ekstensi bulu mata meningkatkan keindahan mata Kamu dan meningkatkan kepercayaan diri. Model eyelash extension yang bermacam-macam juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.
    Walaupun begitu, eyelash extension memang indah, tetapi tidak untuk semua orang. Jika Kamu memiliki kondisi medis atau alergi tertentu, pertimbangkan untuk penggunaan penjepit bulu mata atau maskara sebagai gantinya.
    Banyak orang bilang butuh usaha ekstra untuk tampil cantik. Tetapi jangan biarkan upaya ini mengorbankan kesehatan kamu ya. Bila kamu melakukan semua prosedur eyelash extension dengan benar, tentu kamu akan mendapatkan hasil terbaik tanpa adanya efek samping yang mengganggu.
WhatsApp