Extension Bulu Mata, Adakah Efek Sampingnya?

September 30, 2020

Kaum Hawa yang ingin mempersingkat waktu merias wajah biasanya menjalani prosedur eyelash extension. Perawatan yang bertujuan memanjangkan dan menebalkan bulu mata secara instan ini memang sangat populer. Semakin kesini, semakin banyak wanita yang melakukannya, dan salon kecantikan yang melayani perawatan tersebut pun semakin menjamur. Namun, kabarnya perawatan satu ini punya efek samping. Benarkah demikian? Simak dulu penjelasannya di bawah ini.

Adakah Efek Samping pada Eyelash Extension?

Perawatan bernama extension bulu mata ini memang menawarkan solusi memperbaiki tampilan bulu mata. Prosedurnya dimulai dengan menempelkan bulu mata palsu helai demi helai di bagian batang bulu mata asli. Berbeda dengan bulu mata palsu yang ditempelkan dengan lem di kelopak mata, eyelash ini ditempelkan di helaian bulu mata. Tidak heran jika prosedur ini memakan waktu lama yakni antara 2-3 jam. Meskipun secara instan bisa mengoreksi tampilan bulu mata namun perawatan ini rentan efek samping. Apa saja?

1. Efek iritasi

Pertama, dari bahan lem yang digunakan untuk menempelkan helaian bulu mata palsu. Apabila tidak menggunakan lem khusus maka ada resiko mengalami iritasi, dan kondisi iritasi lebih parah pada pemilik kulit sensitif. Efek samping berupa iritasi ini biasanya tidak terjadi seketika meskipun pada beberapa kasus ada yang beberapa jam pasca prosedur mulai dirasakan. Biasanya gejala iritasi baru muncul setelah tiga hari perawatan dilakukan. Adapun bentuk gejalanya adalah munculnya rasa gatal, nyeri, ruam, mata memerah, kelopak mata bengkak, dan kelopak mata juga teriritasi.

2. Alergi

Pada beberapa orang prosedur extension juga bisa memicu alergi sehingga cenderung merugikan. Efek samping lainnya adalah bisa merusak bulu mata asli, biasanya akan menyebabkan pecah atau patah di bagian batang bulu mata. Efek samping ini biasanya terjadi ketika seseorang terlalu sering melakukan perawatan ini, apalagi daya tahannya memang antara dua minggu sampai satu bulan saja.

Extension Bulu Mata, Adakah Efek Sampingnya?

Tips Mengatasi Efek Samping  yang Muncul

Melalui penjelasan di atas, apakah Kamu mulai khawatir dengan keamanan dari perawatan tersebut? Sebenarnya efek samping yang dijelaskan di atas bisa dihindari atau diatasi, yakni dengan beberapa tips berikut ini:

1. Memakai Lem Khusus

Tips pertama untuk mengatasi efek samping dari perawatan eyelash ini adalah dengan memakai lem khusus. Jadi, lem yang digunakan tidak hanya mempengaruhi umur extension tersebut. Melainkan juga mempengaruhi seberapa besar efek samping bisa dirasakan, semakin berkualitas lem yang dipakai maka semakin kecil kemungkinan ada efek samping.

2. Memakai Lem Secukupnya

Berlebihan dalam mengaplikasikan lem bulu mata extension ternyata tidak membuatnya lebih tahan lama. Langkah ini justru memicu iritasi sehingga perlu dihindari, inilah alasan kenapa perawatan ini lebih aman dilakukan oleh terapis di salon dibanding dilakukan sendiri.

3. Hindari Harga Terlalu Murah

Tampil cantik dikenal mahal dan menyakitkan, bagi beberapa orang berusaha menepisnya. Misalnya dengan membeli produk dan perawatan murah, hal ini juga sering dilakukan pada perawatan extension pada bulu mata. Hanya saja harga terlalu murah biasanya memberi mutu jelek dan resiko efek sampingnya lebih tinggi.

4. Hindari Klinik Abal-Abal

Menghindari efek samping pasca eyelash extension dilakukan bisa dengan teliti memilih klinik perawatan. Hindari klinik abal-abal yang terapisnya belum bersertifikasi dan tidak diawasi oleh dokter kulit yang sudah berpengalaman dan diakui kemampuannya di bidang estetika. Sebab ada kemungkinan bahan eyelash tersebut kualitasnya buruk sehingga tinggi resiko.

Melakukan eyelash extension bukanlah kesalahan, dan sebenarnya tidak terlalu menakutkan selama dilakukan di klinik yang tepat seperti Everlash. Jadi, silakan mencari klinik terbaik untuk mendapatkan perawatan tersebut. Sebaiknya tidak tergiur dengan harga yang kelewat murah, karena dikhawatirkan efek sampingnya lebih kompleks.

WhatsApp