Extension Bulu Mata VS Bulu Mata Palsu, Pilih Mana?

September 26, 2020

Memiliki bulu mata yang lentik dan cantik tentu menjadi idaman semua kaum hawa. Bagian tubuh yang satu ini bisa menimbulkan kesan pertama yang sangat penting bagi semua orang. Akan tetapi, bagaimana jika bulu mata kita tidak sesuai dengan harapan? Tenang saja. Ada beberapa metode dan perawatan yang bisa kita coba untuk mempercantik bulu mata. Metode yang sering kita jumpai adalah penggunaan fake eyelashes (bulu mata palsu) dan extension bulu mata. Apa kamu sudah mengenal kedua metode ini? Manakah yang kira-kira lebih kamu pilih?

Pengertian Fake Eyelashes dan Eyelash extension

Sebelum tahu perbedaannya, alangkah lebih baik jika paham dulu apa itu fake eyelashes dan eyelash extension. Berikut penjelasannya,

1. Fake eyelashes

Metode ini menggunakan rambut sintetis atau  rambut alami yang dibentuk sesuai ukuran bulu mata kita. Cara mengaplikasikan fake eyelashes ini adalah dengan menggunakan lem khusus, dan tempelkan bulu mata ini sebisa mungkin mengikuti bentuk bulu mata kita yang asli. Kalau dirasa terlalu panjang dan tidak sesuai dengan bulu mata aslimu, kamu dapat mennyesuaikannya dengan mudah menggunakan gunting. Selain itu, jika dirasa terlihat kurang, kamu dapat memakai tambahan maskara untuk membuat fake eyelashes terlihat lebih natural. Jika ingin melepaskan fake eyelashes ini, kamu bisa melepasnya dengan hati-hati.

2. Extension Bulu Mata

Eyelash extension adalah perawatan yang bisa menyambung bulu mata asli dengan bulu mata buatan. Prosedur ini biasanya berlangsung sekitar 2-3 jam. Dengan menggunakan lem perekat khusus,  bulu mata buatan ini akan disambung atau disulam dengan ujung bulu mata kita yang asli. Dibutuhkan sekitar 40-100 helai bulu mata buatan untuk setiap mata. Bulu mata buatan ini biasanya terbuat dari serat nilon, bulu hewan, atau sutra. Hasilnya? Kita dapat memiliki bulu mata yang panjang dan lentik tanpa perlu repot menggunakan maskara setiap saat. Hasil ini dapat bertahan dalam jangka waktu 1 bulan. Setidaknya setiap 2 minggu sekali, kita juga butuh touch-up untuk mempertahankan kecantikan bulu mata kita. Kamu bisa melakukan perawatan extension bulu mata di Everlash.

Extension Bulu Mata VS Bulu Mata Palsu, Pilih Mana?

Extension Bulu Mata VS Fake Eyelashes

Setelah kita mengetahui prosedur dari masing-masing metode untuk mempercantik bulu mata ini, kira-kira mana yang lebih unggul? Berikut ilustrasi untuk membandingkan manfaat kedua perawatan bulu mata berdasarkan beberapa aspek tertentu.

1. Faktor daya tahan

Pertama, Ketahanan. Fake eyelashes membutuhkan proses bongkar pasang yang rumit dan tidak bisa kita gunakan untuk jangka waktu yang lama. Belum lagi masih perlu ditambahi dengan olesan  maskara untuk menyempurnakan hasilnya. Hal ini berbeda dengan sulam bulu mata yang hanya membutuhkan prosedur beberapa jam, akan tetapi haslinya dapat bertahan sekitar satu bulan. Tentu saja ini dapat menghemat waktu berdandan kita.

2. Faktor kenyamanan

Kedua, kenyamanan. Walaupun sebentar, fake eyelashes akan menimbulkan ketidaknyamanan, cenderung terasa berat, dan kaku. Sedangkan sulam bulu mata biasanya menggunakan bahan yang cenderung ringan dan lebih nyaman.

3. Harga dan kemudahan

Ketiga, harga dan kemudahan mengaplikasikan. Bulu mata palsu lebih mudah dipasang dan dilepas sendiri. Harganya pun relatif terjangkau. Sedangkan sulam bulu mata lebih rumit dan harus ditangani oleh ahlinya, sehingga mungkin kita butuh menabung sejumlah uang untuk mendapatkan perawatan ini.

Itulah beberapa perbandingan 2 perawatan mata yang paling umum dilakukan. Apakah kamu sudah menentukan pilihanmu, eyelash extension atau fake eyelashes? Selamat membuat pilihan, ya!

WhatsApp