Eyelash Extensions vs Bulu Mata Palsu, Mana Lebih Baik?

July 30, 2020

Memiliki bulu mata panjang dan lentik mungkin menjadi keinginan hampir setiap wanita. Sayangnya, tidak setiap perempuan terlahir dengan bulu mata yang seperti itu. Namun saat ini sudah ada berbagai teknologi kecantikan untuk mengatasi hal tersebut, seperti eyelash extensions atau menggunakan bulu mata palsu. Lalu manakah yang lebih baik antara eyelash extension, lashes, dengan bulu mata palsu? Kamu bisa menemukan jawabannya di sini.

Pengertian Eyelash Extensions dengan Lashes Lifting

Pemasangan bulu mata bisa menggunakan teknik eyelash extensions, lashes lifting, atau memasangkan bulu mata buatan. Terdapat perbedaan pada ketiganya, dan itu akan kamu ketahui dari ulasan ini. Eyelash extension merupakan teknik memasang bulu mata buatan dengan menyambung bulu mata asli sehelai demi sehelai memakai lem khusus. Pengerjaan teknik ini membutuhkan ketelitian sehingga pemasangannya membutuhkan waktu dua jam, atau bahkan lebih. Pemasangan bulu mata menggunakan metode ini memiliki daya tahan sekitar satu bulan. Sedangkan metode lash lifting adalah teknik pengangkatan bulu mata dengan mengolesinya menggunakan zat yang mengandung keratin. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses ini sekitar satu jam, dan bulu mata yang dihasilkan pun lebih tahan lama. Namun kalau kamu hanya memerlukan bulu mata tersebut untuk sementara, kamu bisa menggunakan bulu mata palsu. Pemakaian bulu mata palsu bisa hanya untuk beberapa jam saja, dan setelah itu bisa kamu lepas.

Kelebihan dan Kekurangan Eyelash Extensions

Sebelum memlih antara eyelash extension, lashes, dengan bulu mata palsu, kamu perlu mengetahui dulu kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dibandingkan dengan bulu mata palsu, eyelash extension lebih praktis, karena tidak perlu lagi memasangkan bulu mata ketika akan bepergian. Kalau dirawat dengan dengan baik, bulu mata hasil eyelash extensions bisa bertahan beberapa bulan.

Ada kelebihan, pasti ada juga kekurangan. Seiring melemahnya kekuatan lem, bulu mata bisa menjadi lebih mudah rontok, terutama ketika mandi, mencuci muka, atau berkeringat. Posisi tidur yang salah dan kebiasaan mengucek mata bisa membuat bulu mata bergeser dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Hal-hal tersebut membuatmu harus sangat berhati-hati ketika mencuci muka, memakai riasan, atau menghapus riasan. Perawatan yang tidak benar bahkan bisa memengaruhi kesehatan mata, seperti membuat mata gatal, kering, hingga bengkak dan nyeri pada kelopak mata. Terkadang iritasi juga bisa muncul setelah kamu mencabut bulu mata tersebut. Terlalu sering melakukan pencabutan bulu mata dapat menyebabkan kerusakan pada folikel bulu mata asli.

Eyelash Extensions vs Bulu Mata Palsu, Mana Lebih Baik?

Kelebihan dan Kekurangan Bulu Mata Palsu

Bulu mata palsu juga bisa membuat mata tampak lebih indah. Selain itu, bulu mata palsu lebih mudah dilepas-pasang dibandingkan bulu mata hasil eyelash extensions, tanpa perlu bantuan ahli. Kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan posisi tidur yang salah akan bisa merusak bulu mata, karena saat itu kamu sudah melepasnya. Bulu mata palsu juga memiliki risiko kesehatan yang lebih minim, karena hanya menempel pada kelopak, tidak tepat pada tempat tumbuhnya bulu mata. Risiko iritasi, bengkak, hingga kerontokan bulu mata juga bisa diminimalisir. Meski demikian, lepas-pasang bulu mata palsu setiap hari mungkin akan terasa merepotkan. Bukan hanya itu, kamu juga perlu membeli beberapa bulu mata palsu, terlebih jika yang sekarang kamu gunakan sudah mulai menurun kualitasnya.

Jadi Lebih Baik Pilih Mana?

Manapun bulu mata yang mau kamu pilih, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. Sebagai pertimbangan terakhir, kamu tentu juga harus mengetahui harga dari metode pemasangan bulu mata ini. Untuk eyelash extension, biaya yang dibutuhkan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, dan belum termasuk harga retouch-nya. Sedangkan untuk bulu mata palsu, harganya terbilang lebih murah, mulai dari ribuan hingga ratusan ribu. Jadi, sudah punya pilihan antara eyelash extension, lashes, atau bulu mata palsu? Anda bisa melakukan treatment eyelash extension di Everlash, jadi tunggu apalagi!

WhatsApp