5 Kebiasaan yang Wajib Dihindari Agar Extension Bulu Mata Tidak Rusak

August 28, 2020

Merawat kecantikan diri memang bukan sesuatu yang mudah dan murah, apalagi yang berkaitan dengan treatment bulu mata seperti lash extension. Oleh karena itu, wanita yang melakukan hal tersebut peru tahu 5 kebiasaan yang wajib dihindari agar extension bulu mata tidak rusak. Perawatan berupa sambung bulu mata ini tentu saja menghabiskan biaya mahal, belum lagi waktunya yang juga tidak sebentar. Sehingga diperlukan perawatan khusus agar hasil treatment tersebut mampu bertahan lama. Selain lekas rusak, bulu mata hasil extension yang tidak dirawat bisa menimbulkan iritasi pada bagian mata. Apabila sudah demikian maka dampaknya sangat buruk dan berbahaya, bahkan sampai menimbulkan kebutaan maupun pengangkatan bola mata. Ngeri bukan?

5 Kebiasaan yang Wajib Dihindari Agar Eyelash Extension Tidak Rusak

Untuk menghindari risiko buruk dan menjaga bulu mata agar tidak rusak, simak ulasan dari Everlash tentang lima kebiasaan yang wajib dihindari berikut ini,

1. Jangan Menggunakan Oilbased Cleanser

Pasca melakukan treatment extension bulu mata, hal yang sering kali diabaikan oleh wanita adalah mengaplikasikan oilbased cleanser. Hal ini sudah jelas-jelas dilarang oleh tenaga medis kecantikan, mengapa? pasalnya dapat membuat kekuatan lem bulu mata berkurang. Sehingga jelas saja bulu mata yang dipasangkan tidak lama akan rontok. Lantas apakah ada pengganti dari oilbased cleanser untuk membersihkan make up? Tentu saja ada, yakni gunakan waterbased cleanser. Selain mampu membesihkan mata dengan maksimal, produk tersebut tidak merusak eyelash, sehingga akan tahan lama sesuai jangka waktu yang ditentukan.

2. Hindari menggosok mata secara kasar saat mencuci muka

Sebagian besar wanita cenderung menggosok area mata secara berlebihan ketika membersihkannya dengan air. Maksudnya pasti agar sisa makeup terangkat dengan maksimal, padahal hal tersebut berpotensi merusak bulu mata hasil extension. Apalagi jika menggunakan eyeliner waterproof dengan sangat tebal. Lantas bagaimana cara membersihkan area mata yang benar? Yaitu dengan membersihkan terlebih dahulu menggunakan waterbased cleanser. Apabila sudah maka lanjut bersihkan dengan air dan gosok secara perlahan.

5 Kebiasaan yang Wajib Dihindari Agar Extension Bulu Mata Tidak Rusak

3. Jangan malas membersihkan make up di area mata

Kebiasaan yang wajib dihindari berikutnya adalah malas dalam membersihkan riasan di area mata. Apalagi bagi wanita karir yang lelah bekerja seharian. Pasti akan memilih rebahan sampai tertidur, lalu keesokan paginya baru membersihkan make up. Apabila masih ada pengguna eyelash expert yang melakukan hal tersebut, baiknya segera hentikan dan jangan mengulanginya lagi. Mengapa? karena kandungan zat kimia yang terdapat di dalam make up berpotensi merusak lem dan bulu mata. Bahkan bisa jadi menimbulkan iritasi diri, seperti gatal-gatal dan perih.

4. Turunkan suhu eye curler

Wanita pengguna eyelash extension pasti sering menggunakan alat pelentik bulu mata alias eye curler, bukan? Apabila menggunakan alat tersebut, baiknya turunkan suhunya agar tidak terlalu panas. Mengapa? pasalnya eye curler yang suhunya tinggi berpotensi merusak ketebalan dan membuat bulu mata cepat rapuh. Alat ini memang mampu membuat bulu mata terlihat lebih lentik tahan lama dibandingkan dengan penjepit bulu mata biasa. Namun, tentu saja penggunaannya harus sesuai dengan kapasitas dan menyesuaikan keadaan bulu mata. Jangan sampai mengejar keindahan dan kecantikan namun mengabaikan keadaan bulu mata.

5. Jangan tidur tengkurap

Kebiasaan terakhir yang wajib dihindari pengguna lash extension adalah jangan tidur dengan tengkurap. Tidur dalam posisi seperti ini membuat mata secara tidak sengaja bergesakan dengan bantal, sehingga bulu mata cepat rusak.

Nah, itulah kelima kebiasaan yang wajib dihindari agar extension bulu mata kamu tidak cepat rusak. Sebenarnya sangat simple dan mudah, namun tentu saja akan terasa sulit bagi wanita yang tidak sabaran dan malas. Padahal hal-hal di atas memang sudah seharusnya dihindari sekalipun tidak melakukan eyelash, untuk tetap menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat ya!

WhatsApp