5 Rekomendasi Memperpanjang Bulu Mata Agar Lentik dan Tebal

October 31, 2021

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bulu mata yang lentik dan indah? Sayangnya, banyak wanita yang merasa repot harus memakai pelentik dan maskara setiap hari. Nah, kini ada banyak prosedur untuk mendapatkan bulu mata cantik secara instan, termasuk tanam bulu mata, lash lift, filler, perming, hingga serum.

Yang mana yang lebih unggul? Simak penjelasannya di sini.

  1. Tanam Bulu Mata

Eyelash extension ini sudah lama dikenal sebagai salah satu metode instan yang ampuh di dunia kecantikan. Cara tanam bulu mata ini adalah dengan cara menyambung atau merekatkan bulu mata tambahan ke ujung bulu mata asli, dan prosedurnya bisa memakan waktu 2-3 jam.

Maklum saja, teknisi kecantikan harus menyambungkan helai per helai dengan teliti, supaya hasilnya terlihat alami. Umumnya, tanam bulu mata natural hasilnya lebih alami dibandingkan dengan pemakaian bulu mata palsu, dan bahannya pun minim menimbulkan risiko iritasi.

Sebab, dengan kecanggihan teknologi saat ini, helaian bulu mata tambahan ini bisa didapat dari benang sutera, rambut manusia, serat plastik, bahkan bulu hewan, dan akrilik. 

Keragaman bahan, alami maupun sintetis inilah yang mempengaruhi harga tanam bulu mata, selain juga keterampilan teknisi kecantikannya.

Keunggulan dan Kekurangan

Tampilan lentik, panjang, dan tebal pada bulu mata ini bisa bertahan hingga 2 minggu hingga 1 bulan, bergantung perawatan setelah prosedur. Sedangkan efek samping tanam bulu mata yang mungkin muncul adalah rasa gatal dan perih di kelopak, mata merah dan bengkak, berair, sulit dibuka, dan mudah silau.

Pada kasus yang parah, bisa juga terjadi infeksi dan peradangan, terutama jika dilakukan tidak dengan hati-hati dan alat yang kurang steril.

  1. Lash Lift

Berbeda dengan extension, treatment ini sama sekali tidak menggunakan bahan tambahan dan hanya memaksimalkan bulu mata asli. Tujuannya adalah untuk menaikkan dan mengangkat bulu mata, serta membuatnya lebih bervolume dengan bahan alami.

Prosedurnya adalah dengan menempelkan silikon perekat terlebih dahulu ke kelopak, kemudian bulu mata disisir ke arah atas untuk kemudian diolesi bahan khusus. Kandungannya adalah keratin yang cukup alami bagi helai rambut. 

Setelah itu, maskara khusus juga dioleskan untuk menambah volume, ketebalan, dan memberikan warna yang bold

Keunggulan dan Kekurangan

Proses ini memakan waktu sekitar 30 menit untuk masing-masing mata dan hasilnya bisa bertahan 6-8 minggu. Meski waktu pengerjaan lebih pendek dan hasilnya lebih panjang, namun resiko tanam bulu mata juga bisa muncul di prosedur lash lift.

Seperti alergi dari bahan lem perekat, juga dermatitis seperti kemerahan, bengkak, serta iritasi, terutama jika keratin masuk ke mata atau sekitarnya.

  1. Lash Perming

Metode ini merupakan generasi pertama dari teknik lash lifting. Prosedurnya adalah dengan mengeriting bulu mata menggunakan roller panas dan obat khusus, supaya terlihat lebih lentik dan panjang.

Kelebihan dan Kekurangan

Bulu mata yang lentik bisa bertahan hingga 4 bulan. Namun karena menggunakan rol berpemanas dan obat kimia pengeriting, risiko kerontokan, alergi, serta iritasi pada mata dan kulit juga bisa muncul.

  1. Lash Filler

Metode ini cukup inovatif saat ini, dimana bulu mata lentik bisa didapat, hasil lebih alami, bahkan menyehatkan. Prosedurnya yaitu mengangkat bulu mata ke atas, untuk kemudian disuntikkan keratin berukuran mikro ke bagian serat bulu mata. 

Bahannya yang alami selain bermanfaat memberikan volume dan melentikkan, juga membuat helai rambut lebih kuat dan sehat.

Kelebihan dan Kekurangan

Keratin yang dimasukkan ke serat bulu mata bisa membantu menyehatkan dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Yang harus diperhatikan adalah ada beberapa perawatan setelah prosedur dilakukan, misalnya tidak boleh terkena air dalam 24 jam pertama dan melakukan kegiatan yang bisa merusak bulu mata.

  1. Serum

Metode ini dirasa lebih alami dibandingkan keempat lainnya. Saat ini ada banyak serum untuk perawatan bulu mata supaya tumbuh lebih lebat dan sehat. Meski hasilnya tidak bisa didapat seketika, namun cara ini juga minim risiko.

Itulah 5 cara untuk membuat bulu mata agar makin lentik dan tebal. Selain tanam bulu mata, kamu juga bisa mencoba lash lift, filler, perming, bahkan serum yang lebih natural dan tanpa resiko.

WhatsApp