5 Titik Refleksi Kaki Ini Bisa Bantu Tubuh Kamu Rileks Loh

August 30, 2021

Membahas tentang pijat kaki, ternyata cara ini merupakan pengobatan tradisional yang sudah ada sejak dulu. Sebagaimana yang kamu ketahui bahwa pijat refleksi terbukti memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Memijat kaki bisa dilakukan sendiri di rumah atau dengan bantuan therapist. Kalau kamu ingin melakukannya sendiri, pastikan mengetahui beberapa titik refleksi kaki yang bisa kamu pijat untuk tujuan kesehatan.

5 Titik Refleksi Kaki untuk Tubuh Lebih Rileks

Siapkan tubuh dan pikiran kamu senyaman mungkin. Dianjurkan untuk merendam kaki menggunakan air hangat terlebih dahulu sebelum mulai memijat. Kemudian kamu bisa memperhatikan 5 titik refleksi di kaki ini:

1. Jempol Kaki

Titik pertama yang bisa kamu pijat untuk membuat tubuh rileks adalah jempol kaki. Setelah duduk di posisi yang nyaman, tekan ujung jempol kaki dengan kuat. Pijat juga permukaan jempol lainnya untuk hasil yang lebih maksimal. Lakukan gerakan secara berulang sehingga tubuh menjadi lebih rileks. Gerakan ini mampu membuat tubuh kamu lebih tenang, sehingga bagus untuk mengatasi insomnia.

2. Cekungan Bawah Kaki

Titik refleksi kaki untuk mengatasi kecemasan yang bisa kamu coba adalah cekungan yang ada di bawah kaki. Dengan pijatan rutin di area tersebut, kamu bisa lebih rileks dan terhindar dari kecemasan yang berlebih. Cara melakukannya adalah dengan menekuk jari-jari kaki. Nah, setelah itu, akan ada area bawah kaki yang cekung. Tekan area tersebut menggunakan jari dan lakukan pijatan dengan gerakan memutar.

3. Area Bawah Kaki

Masih di area bawah kaki, kali ini kamu bisa menemukan titik refleksi kaki dengan bantuan bola kecil seukuran tenis. Letakkan bola di bawah kaki, lalu gulung ke depan dan belakang. Setelah beberapa saat, kamu menemukan titik atau area sensitif. Tekan area tersebut selama kurang lebih 5 menit untuk membuat areanya melunak.

4. Telapak Kaki

Cara mengatasi sakit punggung alami juga bisa kamu lakukan dengan member pijatan pada telapak kaki. Caranya sangat mudah, cukup pijat area telapak kaki yang terlihat cekung. Tekan selama 3 sampai dengan 5 menit. Pijatan ini bisa meredakan sakit punggung sekaligus membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks dan nyaman.

5. Ibu Jari Kaki dan Pergelangan

Titik refleksi kaki untuk mengatasi sakit kepala juga ada loh. Tepatnya di area ibu jari kaki dan pergelangan. Supaya kamu bisa lebih rileks dan terhindar dari sakit kepala, cukup tekan ibu jari dan pergelangan tangan. Apabila kamu menderita migrain sebelah kiri, tekan ibu jari di kaki kanan. Jika migrain di sebelah kanan, maka tekan ibu jari di sebelah kiri.

5 Titik Refleksi Kaki Ini Bisa Bantu Tubuh Kamu Rileks Loh

Cara Mempersiapkan Pijat Kaki Supaya Optimal

Untuk melakukan pijatan kaki sendiri di rumah, kamu perlu melakukan persiapan yang baik. Bagaimanapun, persiapan yang maksimal akan membuat tubuh menjadi lebih siap untuk dipijat. Untuk mempersiapkan pijatan yang tepat, bersihkan kaki terlebih dahulu. Pijat kaki dalam kondisi tanpa alas, sebab pijatan di kaki telanjang akan membuatnya lebih optimal. Jangan lupa bahwa kebersihan kaki adalah hal yang utama. Jadi, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah melepaskan alas kaki, lalu mencucinya sampai bersih. Tidak ada salahnya juga untuk merendam kaki menggunakan air hangat selama 5 sampai 10 menit sampai tubuh menjadi benar-benar rileks. Merendam kaki dapat memberikan manfaat lebih, dimana tidak hanya bisa membersihkan kaki dengan optimal tetapi juga menghangatkan otot kaki serta menambah kelembaban di area tumit. Apalagi kalau kondisi tumit kasar maupun pecah-pecah. Saat merendam kaki dengan air hangat, kamu juga bisa menambahkan minyak esensial maupun garam mineral untuk memperoleh manfaat ganda.

Meski bisa dilakukan sendiri di rumah, tetapi memijat kaki yang optimal hanya bisa dilakukan oleh ahli. Jadi, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu. Everlash siap membantu kamu yang ingin melakukan pijat kaki sebagai pijat refleksi penghilang stress. Sehingga tubuh dapat lebih rileks dan sehat. Bergabunglah bersama Kami sekarang juga.

WhatsApp