Apa Bedanya Extension Bulu Mata dan Bulu Mata Palsu?

February 29, 2020

Perempuan mana yang tidak ingin tampil cantik dan percaya diri di depan umum? Oleh karena itu, mereka selalu merawat tubuh dan wajah mereka. Pada wajah, mata menjadi bagian utama yang sangat mereka perhatikan. Agar mata terlihat lebih cantik dan lentik, para perempuan kerap memperpanjang atau mempertebal bulu matanya dengan extension bulu mata (eyelash extension) atau menggunakan bulu mata palsu. Banyak perempuan lebih memilih eyelash extension dibandingkan dengan menggunakan bulu mata palsu karena hasilnya dinilai lebih terlihat sempurna dan tahan lama. Tapi tak sedikit pula yang memilih menggunakan bulu mata palsu karena dianggap lebih cepat dan praktis dipasang. Apa sih perbedaan dari keduanya? Mari simak bersama ulasannya di bawah ini.

Perbedaan Extension Bulu Mata dan Bulu Mata Palsu

Sama-sama berfungsi mempercantik tampilan mata, ada beberapa perbedaan mendasar di antara eyelash extension dan bulu mata palsu,  yaitu :

1. Cara Memasang

Pemasangan eyelash extension dilakukan dengan cara merekatkan helai demi helai eyelash extension di sela-sela bulu mata asli menggunakan lem khusus. Perekatan dilakukan pada bagian rambut mendekati akar, bukan pada kulit supaya tidak iritasi. Nah, kalau bulu mata palsu itu terdiri dari helaian bulu mata palsu yang sudah terangkai rapi di senar nilon tipis. Rangkaian bulu mata palsu ini kemudian ditempelkan di garis kelopak mata dengan lem khusus.

2. Waktu Pemasangan

Oleh karena pemasangan dilakukan helai demi helai, waktu pemasangan eyelash extension jauh lebih lama dibandingkan waktu pemasangan bulu mata palsu.

3. Model Bulu Mata

Eyelash extension memiliki model beragam, diantaranya seperti :

● Model Natural yang berbentuk menyerupai bulu mata asli.

● Model Doll yang bervolume lebih penuh, sehingga memberi efek bola mata lebih besar.

● Model Cat Eyes yang berbentuk pendek di bagian dalam mata dan semakin memanjang di bagian ujung  mata, sehingga memberi efek mata lebih lebar dan lentik seperti mata kucing.

● Model Colorlash yang berwarna warni, sehingga memberikan efek mata yang fresh dan nyentrik.

Selain model, tingkat kelentikan dari eyelash extension juga berbeda-beda mulai dari lentik alami, setengah lentik hingga sangat lentik. Sedangkan bulu mata palsu memiliki model yang lebih beragam dibandingkan eyelash extension,  misalnya model natural, panjang tebal, panjang dengan kerapatan bulu jarang, panjang lentik, ekstra tebal, full volume yang terdiri dari beberapa lapisan bulu, berwarna warni bahkan ada juga yang sudah dilengkapi dengan butiran manik dan gliter supaya riasannya lebih hidup.

4. Daya Tahan

Asal dijaga dengan baik, eyelash extension bisa bertahan lebih dari satu bulan. Sebaliknya, kalau sering disentuh dan dikucek maka tidak akan bertahan lama. Jadi tergantung dari pengguna masing-masing. Sedangkan bulu mata palsu dikhususkan untuk sekali pemakaian. Jadi setelah dipakai sekali, dengan alasan kebersihan demi keamanan dan kesehatan mata, sebaiknya bulu mata palsu tidak dipakai berulang kali

5. Cara Perawatan

Eyelash extension memerlukan usaha yang lebih ekstra untuk perawatannya. Saat tertiup angin misalnya, eyelash extension bisa berantakan, panjang sebelah atau terbagi dua. Oleh karena itu, harus rajin-rajin disisir menggunakan brush khusus eyelash. Selain itu juga tidak disarankan memakai maskara, make up remover dengan kandungan minyak yang banyak karena akan membuatnya lebih cepat rontok. Berbeda dengan bulu mata palsu yang tidak memerlukan perawatan khusus. Sebab, setelah dipakai, bulu mata palsu biasanya langsung dibuang.

6. Harga

Kalau dari segi harga, dibandingkan bulu mata palsu tentu lebih mahal eyelash extension. Biaya pasang eyelash extension  berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Sedangkan harga bulu mata palsu, mulai dari 4 ribuan sampai 100 ribuan rupiah.

Itulah ulasan 5 perbedaan extension bulu mata dan bulu mata palsu. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mana yang kamu pilih? Everlash akan membantu kamu dalam pemasangan extension bulu mata agar kamu semakin pede dengan penampilan kamu. Jadi jangan ragu ya!

WhatsApp