Apa itu Sulam Alis? Pengertian Dan Fakta

June 19, 2022

Saat wanita berhias mungkin membutuhkan beberapa menit untuk membentuk alis. Namun, jika hasilnya kurang sempurna akan membuat proses tersebut jadi lebih lama. Oleh karena itu, banyak wanita memilih melakukan sulam alis.
Nah, jika kamu juga tertarik melakukannya, alangkah baiknya simak artikel berikut ini!

Apa Itu Sulam Alis?

Sulam alis merupakan salah satu perawatan kecantikan yang bertujuan untuk membentuk alis dengan menggunakan teknologi micropigmentation. Dengan melakukan perawatan ini, kamu akan mendapatkan bentuk alis yang lebih rapi, tebal, dan sempurna.
Perawatan ini membuat tampilan wajah kamu lebih cantik dan menarik. Jadi, kamu tidak perlu repot dan susah payah membentuk alis manual yang menghabiskan banyak waktu.

Bagaimana Proses Sulam Alis?

Proses sulam alis dilakukan dengan menanamkan pigmen di bawah lapisan kulit terluar, alias epidermis.
Proses ini dilakukan dengan beberapa tahapan, mulai dari membersihkan alis, kemudian merapikan alis menggunakan alat cukur atau pinset. Terutama bulu-bulu yang tumbuh diluar garis ideal agar terbentuk alis yang diinginkan.
Sebelum tindakan penyulaman, kamu akan diberikan krim anestesi untuk menghilangkan rasa sakit saat prosedur berlangsung. Jika dirasa krim tersebut sudah bekerja, barulah proses sulam dimulai.
Proses sulam menggunakan jarum elektrik akan menghasilkan pigmen atau tinta dan membentuk salur-salur mirip dengan bulu alis. Prosedur ini menghabiskan waktu sekitar 1-2 jam.

Fakta Sulam Alis yang Harus Kamu Tahu

Ada beberapa fakta tentang sulam alis yang harus kamu tahu sebelum yakin melakukannya.

Tidak berlaku permanen

Ini terkait dengan proses regenerasi sel kulit. Lambat laun warna tinta akan memudar dan mengharuskan kamu untuk memperbaikinya lagi.

Alis kanan kiri mungkin saja berbeda

Menginginkan bentuk alis yang sempurna itu wajar. Namun kamu harus tahu bahwa bisa jadi hasil alis kanan dan kiri tidak simetris. Hal ini dapat terjadi karena jarak mata hingga jembatan hidung tidak sama dan perbedaan tulang alis kanan dan kiri.

Menimbulkan nyeri saat proses berlangsung

Tentu saja penyulaman dapat menimbulkan rasa nyeri walaupun sudah diberikan krim anestesi. Sebabnya, bagian kulit diberikan sayatan menggunakan jarum dan diolesi tinta. Namun tingkat nyeri yang kamu rasakan bisa berbeda pada masing-masing orang.

Tetap bisa diperbaiki jika ada kesalahan

Tidak ada hasil yang sempurna. Bisa jadi sulam alis gagal. Namun kamu tidak perlu khawatir, kesalahan pada sulam alis dapat teratasi dengan cara menghapusnya dengan pigmen senada kulit.

Beda jenis kulit, beda juga resistensi terhadap tinta

Setiap orang punya jenis kulit yang berbeda-beda. Misalnya saja orang dengan kulit berminyak akan sulit menerima pigmen. Selain itu, orang dengan tipe kulit yang mudah keloid sebaiknya berkonsultasi dahulu agar tidak terjadi efek yang tidak diinginkan seperti ruam dan bengkak pada kulit.
Nah, apakah kamu sudah yakin mau menyulam alis? Jika sudah, siapkan dana untuk harga sulam alis yang berkisar antara Rp500 ribu sampai jutaan rupiah.

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Para wanita muslimah mungin bertanya, apa hukum sulam alis menurut islam? Islam telah mengatur bagaimana seorang wanita dalam mempercantik diri termasuk soal sulam alis.
Sulam alis merupakan tindakan membentuk alis dengan merubah ciptaan Allah SWT karena menggunakan metode menguris atau mencabut bulu-bulu alis dan juga teknik pemberian warna ke dalam lapisan kulit.
Jika kamu melakukan sulam alis hanya sekedar tidak puas dengan bentuk alis, maka itu termasuk kurang bersyukur atas ciptaan Allah. Padahal Allah telah menciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam QS At-Tiin ayat 4.
Maka dari itu ulama sepakat melarang untuk melakukan sulam alis dan mencukur alis tanpa ada kepentingan yang dibenarkan syariah, seperti tumor di sekitar alis yang diharuskan mencukur habis alis.
Jadi, apakah kamu sudah yakin melakukannya? Sulam alis adalah pilihan setiap individu. Sebaiknya kamu mengunjungi salon kecantikan terverifikasi agar mendapat hasil sesuai keinginan.

WhatsApp