Apa Penyebab Bulu Mata Rontok dan Bagaimana Cara Menumbuhkan Kembali?

June 21, 2020

Sadar nggak sih kalau ternyata ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang menjadi penyebab rusaknya kualitas bulu mata? Akibatnya bulu mata menjadi gampang patah, rontok, dan tumbuh sangat lambat. Nah, jika sudah seperti ini, bagaimana cara memilih penumbuh bulu mata untuk mengatasinya ya?

Kebiasaan Buruk Perontok Bulu Mata

Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan setiap hari, yang tanpa sadar ternyata menjadi pemicu rontoknya bulu mata lho. Sebenarnya apa saja ya kebiasaan-kebiasaan buruk itu?

1. Malas menghapus make up

Apakah kamu salah satu yang sering malas menghapus sisa-sisa make up di mata? Entah itu eyeliner ataupun mascara? Jika iya, maka kebiasaan jelek ini harus dihentikan, jika tidak mau bulu matamu mengalami kerontokan yang parah. Banyak yang menyepelekan hal ini, tanpa benar-benar memahami bahwa kandungan kimiawi yang ada dalam make up akan membuat bulu mata menjadi rusak. Akibatnya terjadilah kerapuhan dan bahkan warna bulu mata yang menjadi kusam.

2. Terlalu keras dalam membersihkan dan mengucek mata

Nah, ini kebiasaan buruk selanjutnya, yaitu tidak membersihkan bagian mata dengan lembut. Mata merupakan bagian sensitif di tubuhmu, oleh karena itu perlakuan yang diberikan harus sangat hati-hati dan tak boleh sembarangan. Dalam membersihkan bagian bulu mata, pantang yang namanya menggosok dengan keras, karena bisa membuat bulu mata rusak dan gampang rontok. Hal serupa juga berlaku jika kamu mengucek mata ya, lakukanlah dengan perlahan.

Cara untuk Menumbuhkan Bulu Mata Kembali

Ada beberapa cara penumbuh bulu mata yang umumnya dilakukan untuk mengatasi kerontokan dan kebotakan pada area bulu mata, antara lain,

1. Menggunakan perawatan alami sendiri di rumah

Perawatan penumbuh bulu mata yang umumnya dilakulan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan, untuk diaplikasikan sendiri di rumah. Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu coba, antara lain lidah buaya, lalu minyak zaitun, kemudian minyak jarak, penggunaan madu, hingga penggunaan kandungan minyak kelapa murni. Beberapa bahan alami ini diketahui memiliki kandungan vitamin, yang bisa membantu merangsang pertumbuhan folikel pada bulu mata. Perawatan yang teratur juga sangat membantu menguatkan bulu mata sampai ke bagian akarnya. Untuk hasil yang maksimal, perawatan harus dilakukan dengan rutin ya.

2. Menggunakan perawatan klinik

Cara selanjutnya untuk mengatasi kerontokan bulu mata adalah dengan mencoba perawatan penumbuh bulu mata di klinik yang terpercaya seperti Everlash. Ada beberapa cara yang umumnya dilakukan di klinik ini, dimulai dari pemasangan atau sulam bulu mata, hingga melakukan injeksi serum berformula khusus dengan tujuan mempercepat rangsangan folikel.

Extension bulu mata merupakan perawatan yang mengatasi kerontokan dengan cara menggunakan bulu mata sintetis, yang dipasangkan dengan menggunakan lem tersendiri. Extension bulu mata ini memiliki banyak varian bentuk bulu mata, yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Umumnya perawatan ini akan bertahan selama kurang lebih satu bulan lamanya, sebelum kemudian harus diaplikasikan kembali. Extension bulu mata berbeda dengan pemasangan bulu mata palsu ya, karena sulam dilakukan dengan menanamkan per helai bulu matanya di antara bulu mata asli, bukan sekali pasang layaknya bulu mata palsu.

Sedangkan penggunaan serum bulu mata biasanya berupa penginjeksian, yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan bulu mata dengan cara memasukkan kandungan khusus sampai ke bagian akar. Nantinya serum ini akan membantu bulu mata agar bisa tumbuh dengan lebih cepat, kemudian dengan ukuran yang lebih panjang, dan pastinya menjadi lebih tebal. Pemakaian serum bulu mata biasanya akan memakan waktu selama 3 bulan, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kebiasaan yang beresiko merontokkan bulu mata, sekaligus tips untuk penumbuh bulu mata untuk menanganinya. Semoga membantu!

WhatsApp