Lash Extension
5 min read

Bagaimana Perspektif Islam Tentang Sulam Alis?

Bagaimana Perspektif Islam Tentang Sulam Alis?
Written by
Full Name
Published on
May 11, 2023

Sulam alis merupakan salah satu perawatan yang dilakukan untuk menambah kecantikan pada wajah terutama pada bagian alis. Dengan menggunakan perawatan ini maka bisa membuat alis menjadi terkesan lebih menarik dan sempurna. Namun, bagaimana sulam alis dalam perspektif Islam?
Kamu bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai hukum dari sulam alis ini. Namun, pastikan untuk mengetahui bahwa sulam alis berbeda dengan tato dan tidak ada pencukuran yang dilakukan.

Ketahui Apa Itu Sulam Alis

Perawatan ini menjadi perawatan yang banyak dilakukan oleh para wanita untuk bisa menambah kecantikan dari bagian mata, yaitu alis mata. Terkadang alis yang dimiliki seseorang tidak simetris atau kurang penuh, sehingga bisa mengurangi rasa percaya diri.
Dengan melakukan sulam alis bisa membantu untuk memperbaiki hal tersebut. Perawatan ini merupakan teknik perawatan kecantikan yang dilakukan untuk menambah kecantikan alis.
Pada perawatan ini memanfaatkan alat berupa jarum untuk menggambar alis dan juga tinta khusus. Tinta ini nantinya akan digambarkan menyerupai bentuk rambut alis dengan menggunakan alat jarum tersebut.
Namun, sulam ini tidak sama dengan tato. Hal ini dikarenakan prosedur sulam alis dilakukan hanya pada bagian atas kulit dan tidak memasukkan tinta ke dalam kulit. Beda halnya dengan tato yang akan memasukkan tinta ke bagian dalam kulit.
Penggunaan alat yang mirip dengan tato, memang menimbulkan berbagai pertanyaan mengenai sulam alis menurut Islam. Perawatan ini tidak mempunyai umur yang panjang seperti tato. Umumnya, hasil dari perawatan ini bertahan sekitar 2 tahun. Sedangkan, tato bisa bertahan hingga seumur hidup. Sehingga, yang perlu kamu pahami adalah perawatan sulam alis berbeda dengan tato.

Bagaimana Perspektif Islam Tentang Sulam Alis?

Perspektif Islam Terhadap Sulam Alis

Sebagai seorang yang akan menggunakan jasa sulam alis, tentunya kamu ingin mengetahui tentang bagaimana hukum sulam alis menurut Islam. Dalam Islam sendiri tidak disebutkan dalam hadist atau Al-Qur’an mengenai larangan melakukan sulam alis.
Memang ada hukum yang menyebutkan tentang tato, namun sulam alis berbeda dengan tato karena tidak memasukkan tinta dan menyakiti penggunanya. Juga di dalam Islam tidak disebutkan hukum sulam alis. Lebih tepatnya, belum ada hadist yang berkenaan dengan pandangan Islam terhadap prosedur ini.

Pendapat Ulama Mengenai Sulam Alis

Kata-kata sulam ini belum ditemukan ada pada hadist. Para ulama pun masih berdiskusi mengenai hal tersebut. Ulama yang bernama Yusuf Qardhawi memberikan pendapat mengenai cukur alis akan membuat para pelakunya menjadi nampak berlebih-lebihan.
Selain itu, ulama lainnya Abu Malik Kamal menyatakan bahwa cukur alis haram karena mengubah ciptaan. Baik itu diberikan izin atau tidak oleh suami, melakukan cukur alis sebaiknya tidak dilakukan.
Kemudian, ada ulama lain yaitu M. Quraish Shibab yang menyatakan bahwa mencukur alis dilarang. Hal ini disebabkan karena akan mengubah pemberian yang sudah diberikan. Namun, jika tujuannya untuk merapikan, maka tidak apa-apa untuk dilakukan.
Dari berbagai pandangan ulama tersebut belum ada yang menyebutkan mengenai sulam ini. Pada sulam alis tidak dilakukan proses pencukuran sehingga aman untuk dilakukan. Selain itu, sulam alis juga berbeda dengan tato karena tidak memasukkan tinta pada tubuh.
Jika kamu ingin melakukan sulam alis, maka lakukan hanya pada penyedia yang tepercaya seperti pada Everlash, yang mengutamakan bahan yang aman dengan prosedur yang tepat dan menjaga higienitas.
Layanan sulam alis ini bisa memberikan tampilan alis yang lebih cantik dan berbeda dengan tato. Selain itu, pada prosedurnya juga tidak dilakukan pencukuran.

Subscribe to newsletter

Subscribe to receive the latest blog posts to your inbox every week.

By subscribing you agree to with our Privacy Policy.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.