Lash Extension
5 min read

Eyelash Extension vs Operasi Tanam Bulu Mata, Kenali Perbedaannya!

Eyelash Extension vs Operasi Tanam Bulu Mata, Kenali Perbedaannya!
Written by
Full Name
Published on
August 16, 2023

Teknik sambung bulu mata (eyelash extension) dan operasi tanam bulu mata (eyelash implant) sama-sama populer di dunia kecantikan. Sayangnya, masih banyak yang tidak bisa membedakan antara keduanya sehingga muncul persepsi-persepsi yang tidak sesuai. Jadi, apa sebenarnya ekstensi bulu mata dan perbedaannya dengan implan?

Eyelash extension (Teknik Sambung Bulu Mata)

Teknik ini merupakan proses penyambungan bulu mata asli dengan bulu mata palsu. Tujuannya agar bulu mata tampak lebih panjang, lentik, dan bervolume. Cara menyambung bulu mata ini menggunakan bulu mata khusus ekstensi dan lem khusus.

Eyelash extension merupakan salah satu dari semi permanent make up (SPMU). Tidak ada Tindakan operasi yang terlibat dalamteknik sambung bulu mata ini. Bedanya dengan faux eyelash atau bulu mata palsu yang bisa dipasang sendiri atau oleh make up artist, eyelash extension ini dipasang helai per helai, dan lebih tahan lama.

Eyelash Implant (Operasi Tanam Bulu Mata)

Seperti namanya, operasi tanam bulu mata atau yang dikenal sebagai eyelash implant ini melibatkan prosedur operasi. Berbeda dengan eyelash extension, implan sendiri berdasarkan definisinya berarti penanaman, yang biasanya menggunakan objek artifisial ke dalam tubuh. Bisa disimpulkan, eyelash implant ini adalah prosedur penanaman rambut ke akar bulu mata.

Karena penyebutan ‘tanam bulu mata’ inilah yang kemudian menimbulkan persepsi salah kaprah tentang eyelash extension, yang dikira juga dilakukan dengan tindakan operasi. Bius lokal yang digunakan dalam implan bulu mata membuat pasien tetap dalam kondisi sadar ketika prosedur operasi dilaksanakan. Tidak jarang, pasien masih dapat merasakan sakit ketika prosedur. Hal ini kemudian yang membentuk anggapan bahwa, eyelash extension itu menyakitkan.

Eyelash Extension vs Operasi Tanam Bulu Mata, Kenali Perbedaannya!

Eyelash extension vs Eyelash Implant, Mana Lebih Baik?

Ketika membandingkan antara teknik sambung bulu mata (eyelash extension) dan operasi tanam bulu mata (eyelash implant), simak perbedaannya lebih jauh, yuk!

Jenis Treatment

Eyelash extension dalam prosesnya tidak menyakitkan karena menggunakan lem khusus, agar bulu mata palsu dapat menempel dengan bulu mata asli. Sedangkan eyelash implant memerlukan tindakan operasi untuk tanam bulu mata, menggunakan bius lokal yang bisa menimbulkan rasa sakit.

Teknik sambung bulu mata termasuk pada semi permanent make up (SPMU), sedangkan operasi tanam bulu mata sudah tergolong dalam tindakan estetika medis.

Daya Tahan

Eyelash extension dengan teknik sambung bulu mata memiliki daya tahan selama 3-4 minggu, dan perlu dilakukan retouch. Sedangkan eyelash implant bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

Waktu, Biaya, dan Resiko

Resiko dari teknik sambung bulu mata (eyelash extension) lebih minimal dibanding dengan operasi tanam bulu mata (eyelash implant). Waktu treatment-nya lebih singkat dan cepat dibandingkan implan. Nah, untuk biaya, tentu saja operasi tanam bulu mata butuh biaya lebih besar karena termasuk tindakan medis, dibandingkan eyelash extension.

Hasil Akhir

Hasil dari eyelash extension instan, berbeda dengan eyelash implant yang membutuhkan waktu down time paska operasi.

Untuk tampilan akhir, antara eyelash extension dengan eyelash implant tidak menunjukkan perbedaan yang mencolok. Sehingga untuk pemilihan treatment mana yang lebih baik, sebenarnya kembali pada kebutuhan serta keinginan dari klien.

Itulah perbedaan antara teknik sambung bulu mata (eyelash extension) dan operasi tanam bulu mata (eyelash implant). Keduanya merupakan pilihan untuk tampil cantik dengan bulu mata lebat, lentik, cantik, dan instan.

Di Everlash sendiri, kami menyediakan treatment eyelash extension premium terbaik. Kami menyadari bahwa setiap treatment kecantikan tidak hanya mempercantik, tapi juga sebuah karya seni. Everlash memberikan layanan eyelash extension yang detail sesuai dengan bentuk mata klien.

Kunjungi cabang Everlash terdekat di kotamu, dan make your appointment now!

Subscribe to newsletter

Subscribe to receive the latest blog posts to your inbox every week.

By subscribing you agree to with our Privacy Policy.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.