Fakta atau Mitos: Bulu Mata Extension Bikin Bulu Mata Asli Rontok?

July 30, 2020

Ada banyak cara untuk membuat bulu mata lentik, salah satunya dengan melakukan ekstensi pada bulu mata. Pada ekstensi ini, bulu mata sintesis ditempelkan di antara bulu mata asli dengan lem khusus. Metode ini bisa digunakan untuk kamu yang kurang telaten lepas-pasang bulu mata palsu. Tapi banyak beredar kabar bahwa eyelash extension mengakibatkan bulu mata asli lebih mudah rontok. Benarkah hal tersebut?

Beberapa Fakta Tentang Eyelash Extension

Sebelum menjawab pertanyaan pada judul tulisan ini, terdapat beberapa fakta yang perlu kamu ketahui terkait dengan ekstensi bulu mata ini. Yuk cek fakta-fakta tersebut di sini.

a. Tidak perlu lagi memakai maskara

Bulu mata hasil ekstensi akan lebat, panjang, dan lentik yang mampu menciptakan ilusi seperti kamu memakai maskara. Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi memakai maskara saat akan bepergian.

b. Eyelash extension beda dari fake eyelashes

Bulu mata palsu atau fake eyelashes bisa kamu lepas-pasang sesuai kebutuhan, namun bulu mata ekstensi akan bertahan beberapa bulan. Pemasangan bulu mata palsu berada pada garis bulu mata, sedangkan bulu mata ekstensiditempelkan di atas bulu mata asli.

c. Kemampuan bulu mata ekstensi berbeda-beda

Proses ekstensi bulu mata dilakukan dengan memperhatikan panjang dan kekuatan bulu mata asli. Hal ini membuat kemampua bulu mata ekstensi pada setiap orangakan berbeda. Salah memilih fake eyelash, misalnya terlalu panjang ataupun tebal, bisa saja membuat bulu mata asli mudah rontok.

d. Kurang bebas bergerak saat tidur

Usai melakukan ekstensi bulu mata, ada beberapa pantangan yang tidak boleh kamu lakukan. Beberapa pantangannya, seperti menangis, mengucek mata, dan berkeringat. Bukan hanya itu, posisi tidur harus terlentang selama 12-24 jam untuk menjaga agar bulu mata yang baru dipasang tidak rusak.

e. Biaya ekstensi maupun perawatannya cenderung mahal

Karena berhubungan dengan area mata yang terbilang sensitif, biaya pemasangan dan perawatan ekstensi juga cenderung mahal. Biaya ekstensi bulu mata biasanya dipatok dari harga ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah.

f. Perlu dirawat setiap hari

Bulu mata hasil eyelash extension bisa saja menjadi berantakan setelah kamu tidur, mandi, atau bahkan kehujanan. Untuk merawatnya, bisa dengan menggunakan aplikator maskara yang sudah disetrilkan. Lakukan penyisiran bulu mata dengan aplikator tersebut saat bangun dan sebelum tidur, serta sesudah mandi.

Fakta atau Mitos: Bulu Mata Extension Bikin Bulu Mata Asli Rontok?

Kesimpulan

Apakah Eyelash Extension membuat rontok Bulu Mata? Menurut beberapa ahli kecantikan, kabar bahwa ekstensi bulu mata menyebabkan bulu mata asli rontok adalah mitos. Kalau pengerjaannya dilakukan sesuai prosedur, bahan yang digunakan berkualitas, dan ditangani ahlinya, maka bulu mata asli akan aman. Meski demikian, penggunaan bulu mata ekstensi juga memiliki beberapa risiko, seperti bisa menimbulkan iritasi pada mata. Namun hal tersebut bukan tanpa sebab. Salah satu sebabnya adalah jika lem yang digunakan mengandung formaldehid. Coba tanyakan ke orang yang menangani ekstensimu, apakah lem yang digunakan mengandung butyl cyanoacrylate atau octyl cyanoacrylate. Kedua senyawa tersebut membuat lem cepat kering dan tidak berbau. Risiko lainnya adalah terjadi pembengkakkan hingga kerusakan membran pelindung bola mata. Hal ini bisa terjadi kalau kehigienisan saat pemasangan tidak terjamin. Kalau sampai terjadi hal-hal demikian, segera ambil tindakan dengan menghubungi dokter. Setelah membaik, kamu bisa datang ke tempat ekstensi untuk melakukan pencabutan bulu mata tersebut. Namun kamu tidak perlu khawatir berlebihan. Bagaimanapun belum ada riset yang membuktikan timbulnya kerusakan permanen akibat pemasangan eyelash extensions. Selama semuanya sesuai dengan standar yang ditetapkan, maka ekstensi akan cenderung aman. Anda bisa mempercayakan Everlash untuk melakukan treatment eyelash.

WhatsApp