Manfaat Peeling Untuk Wajah Tampak Sehat dan Tampil Percaya Diri

October 31, 2021

Bagi seorang wanita, perawatan kulit merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan rutin melakukan peeling supaya kulit wajah tampak sehat dan glowing, sehingga  meningkatkan kepercayaan diri. Bagaimana sih cara kerja perawatan ini dan apa saja manfaatnya yang lain?

Tujuan Peeling

Perawatan ini merupakan treatment yang mungkin banyak dijumpai di berbagai klinik kecantikan. Pada dasarnya, peeling wajah adalah tindakan pengangkatan lapisan terluar kulit guna membantu meregenerasinya. Mengapa hal ini perlu dilakukan?

Tujuannya adalah supaya sel-sel yang mati atau rusak digantikan oleh layer baru yang cenderung lebih halus, bersih, serta membuat kulit wajah terlihat lebih merata dan cerah. 

Kamu bisa menemukannya sebagai treatment tunggal atau digabungkan bersama perawatan lainnya, sehingga harga peeling wajah cenderung bervariasi di tiap klinik. Tidak hanya mempercantik tampilan kulit, beragam masalah kulit lain pun bisa diatasi menggunakan cara ini. 

Misalnya jerawat, bintik hitam, kerutan, bahkan jaringan parut. Untuk membantu mengelupas dan meluruhkan sel kulit mati, dokter biasanya memakai larutan asam, seperti glikolat atau asam laktat, yang wajib dikonsultasikan lebih dulu sesuai kondisi dan tujuannya.

Saat ini, ada 3 metode peeling, yaitu superficial untuk mengangkat epidermis terluar, medium yang menarget bagian tengah, dan deep yang menyasar sel kulit hingga layer bawah dermis.

Manfaat Peeling

Selain meningkatkan kualitas kulit, prosedur ini juga kerap dipilih untuk mengatasi beberapa masalah di wajah. Inilah kegunaan lain dari peeling.

  1. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Kulit berjerawat merupakan kondisi peradangan yang bisa terjadi di usia remaja maupun dewasa. Meski bisa produk topikal atau obat oral, namun treatment peeling juga dapat membantu. 

Dokter umumnya akan merekomendasikan peeling superficial yang bekerja pada lapisan epidermis luar. 

Cara kerja peeling acne bisa dengan cara memecah komedo, mematikan bakteri, mengatasi peradangan, mempertinggi tingkat penyerapan obat jerawat topikal, serta pengelupasan ringan. 

Sementara ketika jerawatnya sembuh, kulit biasanya memproduksi serat kolagen dalam rangka perbaikan luka atau peradangan yang telah terjadi. 

Akibatnya, permukaan kulit bisa bergelombang, terangkat, dan tidak rata. Untuk mengatasinya, treatment yang digunakan dokter umumnya peeling medium. Hasil terbaik bisa dirasakan jika perawatan dilakukan secara rutin.

  1. Mengurangi Penuaan Kulit

Beberapa indikasi kulit mengalami aging yaitu timbulnya kerutan, garis-garis halus, ketidakmerataan warna, terasa kasar dan kering, serta munculnya bintik-bintik hitam. Dengan teknik peeling medium yang tepat, kulit akan beregenerasi dan memicu produksi kolagen dan elastin. 

Efek setelah peeling wajah biasanya kulit yang diraba terasa kenyal, halus, dan kuat. Prosedur ini juga mampu mengurangi kerutan, serta membantu mengurangi kekasaran dan kekeringan. Perawatan hanya ini boleh dilakukan 1-2 kali dalam setahun.

  1. Mengatasi Hiperpigmentasi

Selain bekas jerawat dan bintik-bintik hitam, peeling juga bisa mengatasi ketidakmerataan warna kulit, bekas luka karena operasi atau cedera, bahkan kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Untuk tujuan ini, dokter biasanya menggunakan tipe medium hingga deep peeling, terutama untuk bekas luka. Prosedur ini dilakukan satu kali saja dan hanya boleh dikerjakan oleh dokter ahli.

  1. Pertumbuhan Pra Kanker

Keratosis aktinik merupakan bercak kulit kasar yang disebabkan oleh paparan sinar matahari selama bertahun-tahun. Disebut juga sebagai pertumbuhan pra kanker, karena berpotensi berubah menjadi kanker kulit. 

Biasanya dokter akan menyarankan perawatan deep peeling untuk mengatasi pertumbuhan ini dan menurunkan risiko munculnya kanker kulit. 

Itulah beragam kegunaan peeling untuk wajah, mulai dari menyehatkan kulit, hingga menimbulkan rasa percaya diri. Meski demikian, tidak semua gejala penuaan maupun bekas luka bisa diatasi dengan prosedur ini.

Misalnya kulit kendur, kerutan dalam, serta jaringan parut tertentu. Selalu komunikasikan dengan dokter supaya hasilnya dapat optimal.

WhatsApp