Mitos Atau Fakta : Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

June 22, 2020

Berbagai cara memanjangkan bulu mata dilakukan oleh mereka yang menginginkan penampilan sempurna, khususnya para wanita. Kriteria bulu mata yang sempurna bagi mereka adalah lebat, lentik, dan tentu saja panjang. Di dunia maya, banyak bertebaran aneka cara mudah supaya bulu mata nampak lebih panjang. Namun, ternyata banyak dari cara-cara tersebut yang belum teruji secara klinis dan dapat dibuktikan secara ilmiah tentang keberhasilannya.

Cara Alami Untuk Membuat Bulu Mata Panjang, Mitos Atau Fakta?

Untuk itu, simak ulasan berikut ini untuk mencari tahu beberapa mitos dan fakta seputar memanjangkan bulu mata secara alami:

1. Menyisiri Bulu Mata

Ada yang bilang bahwa menyisir bulu mata dapat membuatnya tumbuh lebih cepat. Alasannya, bulu mata sering tertarik oleh sisir, sehingga merangsang pertumbuhannya. Apakah ini fakta? Ternyata tidak, dan malah cukup berbahaya untuk bulu mata. Berbeda dengan rambut, bulu mata adalah jenis rambut yang cukup rapuh. Menyisirinya dengan frekuensi yang cukup sering, memiliki resiko bulu mata tercabut. Akibatnya, kutikula yang menjadi tempat bulu mata tumbuh, malah menjadi rusak. Bulu mata pun menjadi tumbuh jarang-jarang.

2. Memakai Petrolatum

Petrolatum adalah nama lain dari petroleum jelly. Sejatinya, petroleum jelly adalah sebuah kandungan yang biasa ditambahkan dalam produk kecantikan. Tak terkecuali, petrolatum diyakini juga dapat menjadi salah satu cara memanjangkan bulu mata. Apa benar? Petroleum jelly memiliki manfaat utama untuk menjaga tingkat kelembaban pada kulit. Terutama ketika cuaca sedang terlalu panas maupun terlalu dingin. Oleh karena itu, petroleum jelly lebih tepat digunakan untuk mengobati iritasi kulit, kulit kasar, kulit terbakar, ruam, dan semacamnya. Bukan untuk menambah ukuran bulu mata menjadi lebih panjang.

Mitos Atau Fakta : Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

3. Minyak Biji Jarak

Biji jarak merupakan bagian dari tumbuhan jarak yang bisa diekstrak dan diambil minyaknya. Ada anggapan bahwa minyak biji jarak dapat membantu merangsang pertumbuhan bulu mata supaya lebih lebat, panjang, dan lentik. Caranya adalah dengan mengolesi bulu mata menggunakan biji jarak setiap malam. Lagi-lagi, penggunaan minyak biji jarak alias castor oil tidak terbukti secara ilmiah dapat memanjangkan bulu mata. Minyak biji jarak memang memiliki manfaat positif, seperti membuat bulu mata nampak lebih berkilau dan melindunginya dari kotoran. Tetapi tidak untuk menambah panjang bulu mata.

Mencukur bulu mata adalah cara memanjangkan bulu mata yang turun temurun diyakini dapat membuat bulu mata Kembali tumbuh lebih panjang dan lebat. Baik memotongnya secara keseluruhan, atau hanya sebagian. Tetapi, mencukur bulu mata untuk membuatnya semakin panjang hanyalah mitos belaka. Hasil penelitian mengatakan bahwa bulu mata yang lentik dan panjang merupakan sebuah hal genetis. Karakteristik bulu mata didapatkan dari jenis bulu mata yang dimiliki oleh kedua orang tua. Jadi, mencukur bulu mata termasuk mitos dalam memanjangkan bulu mata.

4. Menggunakan Serum

Serum bulu mata menjadi sebuah produk kecantikan yang laris di pasaran. Seperti halnya rambut, bulu mata juga bisa berubah seiring bertambahnya usia kita. Itu sebabnya, menggunakan serum lebih tepat untuk perawatan bulu mata. Pasalnya, serum memiliki manfaat yang spesifik. Misalnya serum penumbuh bulu mata, serum untuk bulu mata yang kering, hingga serum untuk bulu mata bercabang. Pada dasarnya, serum bulu mata mengandung bahan-bahan alami yang berfungsi untuk menjaga kesehatan bulu mata. Tak jarang, serum bulu mata mengandung zat yang berguna untuk memperbaiki jaringan folikel pada kelopak mata, sehingga bulu mata dapat tumbuh lebih lebat dan sehat. Menggunakan serum menjadi cara memanjangkan bulu mata yang lebih ampuh ketimbang cara-cara mitos lainnya. Anda bisa melakukan perawatan bulu mata menggunakan serum dari Everlash yang telah terbukti khasiatnya.

Demikian tadi, beberapa cara memanjangkan bulu mata, baik secara alami maupun menggunakan serum. Dan ternyata, ada fakta bahwa banyak langkah yang dilakukan untuk memanjangkan bulu mata rupanya tidak dapat dipercaya. Untuk itu, pastikan treatment yang anda lakukan untuk bulu mata, tidak membuatnya semakin rusak.

WhatsApp