Lash Regrowth
5 min read

Mitos atau Fakta: Serum yang Menumbuhkan Kembali Bulu Mata

Mitos atau Fakta: Serum yang Menumbuhkan Kembali Bulu Mata
Written by
Full Name
Published on
April 6, 2023

Serum bulu mata merupakan salah satu produk yang kini semakin digandrungi para wanita agar bulu matanya bisa tumbuh lebih cepat. Bahkan banyak produk serum yang mengklaim dapat menebalkan dan memperpanjang bulu mata secara permanen. Hal itu tentu menggoda para ladies yang mendambakan bulu mata panjang dan tebal. Semua wanita sudah pasti ingin memiliki bulu mata yang lentik, sehingga mereka tidak perlu mengenakan bulu mata palsu atau produk maskara. Dalam hal ini juga disetujui oleh berbagai industri kecantikan, sehingga banyak industri kecantikan menciptakan produk serum untuk bulu mata yang mampu mendatangkan keuntungan dibandingkan dengan produk bulu mata palsu atau maskara.

Mitos & Fakta Mengenai Serum Bulu Mata

Kini pasar produk kecantikan dibanjiri dengan produk serum untuk bulu mata yang mengklaim produknya mampu menumbuhkan bulu mata secara cepat. Nah, untuk meyakinkan konsumen biasanya menyertakan gambar testimoni sebelum dan setelah pemakaian produk serum tersebut. Sebelum Anda mencoba berbagai cara untuk menumbuhkan bulu mata. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai mitos dan fakta serum bulu mata untuk menumbuhkan bulu mata secara cepat.

Mitos

Sebagian serum yang dijual di pasaran menjanjikan bahwa produknya mampu menumbuhkan bulu mata dengan cepat. Perlu Anda ketahui bahwa pernyataan ini hanya sebuah mitos saja dan belum memiliki bukti yang signifikan. Karena sebagian besar produk serum yang menjanjikan bisa menumbuhkan bulu mata dengan cepat ternyata tidak memberikan efek apapun.

Kebanyakan produk untuk penggunaan serum bulu mata yang di jual di pasaran mengandung bahan utama Biotin. Biotin merupakan vitamin B yang fungsinya meningkatkan kesehatan rambut untuk menguatkan bagian keratin dan protein pembentuk rambut. Memang terdengar sangat menjanjikan dan membuat orang tertarik untuk mencobanya. Akan tetapi, menurut Stephen Alan Ko seorang ahli dalam bidang kosmetik menyampaikan bahwa efek Biotin pada pertumbuhan kuku dan rambut hanya sebatas mitos dan belum bisa dibuktikan secara klinis.

Pernyataan tersebut juga disetujui oleh Dokter Pamela A. Lowe yang merupakan seorang dermatologis. Beliau juga menyatakan bahwa Biotin tidak memiliki efek apapun untuk pertumbuhan bulu mata. Menurut dokter Pamela, tidak ada bukti kuat tentang Biotin yang memiliki manfaat untuk menumbuhkan bulu mata. Suplemen yang satu ini jarang diserap tubuh secara langsung kecuali jika memang kondisi tubuh benar-benar mengalami kekurangan Biotin.

Fakta

Faktanya, hanya terdapat satu produk serum bulu mata yaitu Latisse yang sudah diterima oleh FDA. Produk serum ini mampu menumbuhkan bulu mata pada fase anagen dengan lebih efektif. Cara ini juga harus melalui treatment yang disebut bimatropos. Dimulai dengan menggunakan obat glaukoma yang mampu mengurangi tekanan pada bagian mata.

Sebagian besar pasien yang mencoba menggunakan perawatan menggunakan serum berbentuk Latisse memang memberikan hasil yang nyata. Karena treatment ini menggunakan obat, maka tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan harus berdasarkan resep dokter. Cara ini juga dibutuhkan kedisiplinan dan konsistensi, karena hasilnya baru bisa terlihat setelah melakukan treatment berbulan-bulan. Meskipun begitu, treatment dengan menggunakan bimatoprost memiliki efek samping yaitu terjadinya perubahan warna pada iris mata dan kelopak mata. Jika Anda ingin tetap mencoba treatment ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Karena dokter adalah seseorang yang paling mengetahui mengenai produk yang paling aman bagi bulu mata Anda. Atau Anda dapat berkonsultasi dengan Everlash, sebagai salah satu salon kecantikan yang konsen terhadap perawatan bulu mata Everlash akan membantu Ana menemukan perawatan yang tepat.

Anda pun harus hati-hati menggunakan produk serum bulu mata. Karena sebagian besar dari produk ini menginstruksikan cara penggunaannya langsung ke bagian akar bulu mata, sehingga Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya. Sebaiknya dilakukan mulai dari bagian dalam sudut mata ke arah bagian luar.

Mitos atau Fakta: Serum yang Menumbuhkan Kembali Bulu Mata
Subscribe to newsletter

Subscribe to receive the latest blog posts to your inbox every week.

By subscribing you agree to with our Privacy Policy.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.