General
5 min read

Pandangan Dokter Soal Eyelash Extension Untuk Kesehatan Mata

Pandangan Dokter Soal Eyelash Extension Untuk Kesehatan Mata
Written by
Full Name
Published on
April 6, 2023

Salah satu metode mempercantik bulu mata yang paling terkenal adalah eyelash extension. Banyak perempuan tertarik dengan metode ini karena memberikan hasil bulu mata lentik dan panjang. Bahkan kamu nggak perlu repot pakai maskara sebelum keluar rumah.
Siapa sih yang tidak tergiur dengan iming-iming bulu mata lentik sepanjang waktu? Apalagi kalau hasilnya bisa dirasakan dalam kurun waktu lama. Sayangnya, masih banyak pro kontra seputar pemasangan bulu mata ini.

Apa Pandangan Dokter Soal Eyelash Extension?

Manfaat eyelash extension memang menggiurkan. Namun, hendaknya kamu tetap hati-hati sebelum melakukannya.
Dari Jawa Pos, menurut dr. Jonathan Subekti, Sp. KK, pemasangan eyelash extension itu aman-aman saja. Dengan catatan, pemasangan dilakukan oleh tenaga ahli profesional.
Agar lebih aman lagi, pertimbangkan hal berikut sebelum melakukan eyelash extension:

1. Keamanan Eyelash Extension

Eyelash extension adalah metode menyambungkan bulu mata supaya tampilannya lebih lentik. Namun, pemasangannya tidak bisa dilakukan oleh tenaga ahli profesional.
Karena itu, perhatikan keamanan pemasangan eyelash extension. Apalagi, saat ini banyak yang mengaku bisa memasang bulu mata, padahal belum berpengalaman dan bersertifikasi. Misalnya seperti klinik kecantikan atau salon yang belum punya izin.
Takutnya nanti malah berbahaya untuk kesehatan mata kamu. Apalagi kalau ada oknum yang memakai alat kurang steril.
Supaya hasilnya efektif dan aman, sebaiknya kamu memilih klinik yang sudah terpercaya dan punya track record baik.

2. Efek Samping

Ada beberapa efek samping pemasangan eyelash extension, yaitu:

  • Menyebabkan mata mengalami kemerahan, bengkak, bahkan iritasi.
  • Bisa menyebabkan infeksi dan peradangan pada area kelopak mata.
    Beberapa efek samping di atas bisa kamu hindari, kok. Caranya dengan melakukan pemasangan bulu mata di tempat yang memang terpercaya. Lebih baik kamu memilih klinik yang memang punya izin resmi, tempatnya bersih, serta memakai alat-alat steril dengan bahan aman.
    Sebelum melakukan pemasangan bulu mata, kamu juga dianjurkan untuk mengatakan semua riwayat kesehatan mata. Mulai dari alergi, penyakit mata, dan lain-lain agar terapis tahu langkah apa yang harus diambil.
    Jadi, penting sekali untuk pilih terapis yang paham banyak hal dan telah terlatih.
Pandangan Dokter Soal Eyelash Extension Untuk Kesehatan Mata

3. Prosedur Pemasangan

Bagi kamu yang mau melakukan eyelash, perlu tahu juga fakta kalau prosedur pemasangannya cukup lama. Durasinya bisa sampai empat jam, tergantung dari pihak terapis juga.
Nah, selama pemasangan bulu mata berlangsung, kamu harus memejamkan mata secara terus menerus.

4. Perawatan Bulu Mata

Setelah selesai menjalani metode eyelash, kamu mungkin langsung terpana dengan hasilnya yang luar biasa. Namun jangan sampai lupa untuk memberikan perawatan maksimal.
Bulu mata cantik harus dirawat secara terus menerus dengan metode yang tepat. Sehingga tidak akan mudah rontok, apalagi sampai rusak dalam jangka waktu dekat. Jadi, ketahui cara merawat eyelash extension cukup simpel.
Ada beberapa cara, di antaranya:

  • Tidak menarik atau menggosok area mata.
  • Menghindari produk kecantikan berbahan dasar minyak.
  • Serta rajin merapikan bulu mata dengan cara disisir.
  • Lebih hati-hati lagi saat mencuci wajah. Terutama ketika kamu membersihkan kulit yang dekat dengan area bulu mata.5. Bahan EyelashBukan cuma perlu waspada tentang penggunaan alat yang kurang steril, kamu juga harus berpikir mengenai bahan-bahan yang dipakai.
    Ada dua jenis bahan yang dipakai dalam metode ini yaitu sintesis dan bahan alami. Kalau bahan alami bisa berasal dari rambut manusia, bulu hewan, maupun benang sutra.
    Di sisi lain, bahan sintetis berasal dari akrilik maupun serat plastik. Kamu bisa konsultasikan sama terapis terlebih dahulu kalau ingin tahu perbedaan pasti antara keduanya.
    Tidak ada salahnya buat melakukan pemasangan bulu mata. Degan catatan prosedurnya dilakukan oleh ahli yang sudah profesional. Lagipula eyelash extension halal karena air wudu tetap bisa sampai ke kulit mata.
    Ngomongin tentang salon eyelash yang aman dan recommended, Everlash adalah pilihan yang tepat. Pelopor dan terapis di sini adalah profesional yang tahu banyak tentang eyelash extension. Apapun model eyelash yang kamu mau, kami siap memberikan hasil yang terbaik sekaligus aman.
Subscribe to newsletter

Subscribe to receive the latest blog posts to your inbox every week.

By subscribing you agree to with our Privacy Policy.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.