Simak Langkah Untuk Melakukan Foot Massage Sendiri di Rumah

August 30, 2021

Ada banyak cara yang bisa Kamu lakukan untuk memanjakan diri, salah satunya dengan foot massage. Dengan pijat kaki, Kamu tidak hanya menjadi rileks tetapi kesehatan tubuh juga lebih terjaga. Pijat kaki bermanfaat meningkatkan kekebalan sistem imun, peredaran darah di kaki juga menjadi lebih lancar. Bahkan dianjurkan bagi ibu hamil untuk mencegah edema. Banyaknya keunggulan pijat kaki yang bermanfaat bagi tubuh tersebut membuat banyak orang semakin menyukainya. Kabar baiknya, Kamu juga bisa melakukan foot massage di rumah sendiri loh.

Bagaimana Melakukan Pijat Kaki Secara Mandiri?

Bukan hanya bagi Kamu yang pegal dan lelah, pijat kaki juga bagus untuk melemaskan otot Kamu yang tegang karena stress. Untuk bisa melakukannya secara mandiri, ikutilah beberapa langkah pijat kaki sendiri di rumah berikut ini:

1. Rendam Kaki

Merendam kaki adalah hal yang sangat menyenangkan dan akan membuat tubuh menjadi lebih santai. Merendam kaki juga menjadi langkah pertama yang bisa Kamu terapkan sebelum mulai memijat. Caranya dengan merendam kaki di dalam air hangat mulai dari 5 sampai dengan 10 menit. Untuk hasil yang lebih maksimal, Kamu bisa menambahkan garam mineral atau minyak esensial.

2. Posisi Rileks

Buatlah dirimu senyaman mungkin. Berada di posisi rileks akan membuatmu menjadi lebih tenang. Sehingga pijat kaki bisa segera dimulai. Kamu bisa melakukannya di tempat favorit di dalam rumah, bisa di kamar atau ruangan khusus. Usahakan untuk mencari tempat yang tenang, supaya tidak ada gangguan apapun. Selain mengatur posisi tubuh menjadi senyaman mungkin, atur napas selama beberapa menit. Lupakan sejenak hal-hal yang menjadi beban, agar tubuh Kamu lebih santai.

3. Tekan Titik Refleksi

Setelah memastikan tubuh dalam kondisi yang nyaman dan rileks, selanjutnya tekan titik refleksi sesuai dengan kebutuhanmu. Sebagaimana yang Kamu ketahui bahwa ada beberapa titik refleksi yang manfaatnya berbeda bagi tubuh. Mulai dari mengatasi pegal-pegal, mengatasi stress, atau tujuan lainnya.

Simak Langkah Untuk Melakukan Foot Massage Sendiri di Rumah

4. Pijat Selama 30 Menit

Ada yang mengungkapkan bahwa durasi pijat kaki bisa dalam hitungan detik. Tetapi Kamu juga bisa memberikan pijatan dalam waktu sekitar 30 menit. Sebaiknya Kamu mengetahui kondisi tertentu yang sedang Kamu hadapi, sebelum memutuskan untuk memijat kaki. Untuk lebih spesifik, Kamu bisa mengikuti beberapa cara memijat kaki sendiri seperti berikut ini:

1. Pijat Dengan Lembut

Lakukan gerakan memutar yang lembut dan perlahan untuk membuat kaki Kamu terasa hangat. Letakkan tangan di kedua sisi, tariklah sisi kanan menggunakan tangan ke depan diiringi dengan menarik sisi kiri ke belakang. Lakukan secara menyeluruh dari jari kaki ke pergelangan kaki.

2. Gosok Bagian Bawah

Lalu gosok di bagian bawah lengkungan kaki menggunakan ibu jari Kamu. Lakukan berulang kali dari tumit menuju ke mata kaki. Pastikan keadaan Kamu rileks dan senyaman mungkin.

3. Menekuk Jari Kaki

Kemudian peganglah bagian kaki luar menggunakan dua tangan. Tarik sisinya ke luar. Pegang tumit menggunakan satu tangan, kemudian tekuk semua jari kaki ke depan dan ke belakang. Lakukan secara bersamaan untuk kaki bagian kanan dan kiri.

4. Temukan Lekukan

Selanjutnya adalah menemukan lekukan yang ada di antara tulang dan tendon kaki. Setelah menemukan lekukan tersebut, tekan bagian yang memiliki lekukan dengan kuat. Pegang pangkal kaki, putar dan tarik setiap jari dengan gerakan dari jari kelingking ke kaki besar. Memijat kaki dengan teknik yang benar akan memberikan banyak manfaat seperti:

  • Mengatasi stress dengan baik.
  • Mengatasi lelah dan pegal-pegal.
  • Melancarkan sirkulasi darah.
  • Mengontrol kadar gula dalam darah.
  • Mengurangi nyeri menstruasi.

Masih banyak manfaat lain yang dapat Kamu peroleh dengan pijat refleksi. Kendati demikian, titik melakukan pijat tergantung keluhan yang Kamu derita.

Memijat di rumah memang bisa dilakukan sendiri, tetapi untuk mendapatkan manfaat yang tepat, peran seorang therapist yang ahli diperlukan. Kamu bisa memperoleh manfaat yang besar jika mempercayakannya pada ahlinya. Everlash juga menyediakan pelayanan foot massage dengan therapist profesional dan ahli. Kamu juga bisa konsultasi dulu sebelum memesan pelayanan.

WhatsApp