Sulam Alis Haram atau Halal? Ini Fakta dan Penjelasannya

July 20, 2021

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempercantik diri. Salah satunya adalah melakukan sulam alis. Hingga saat ini, sulam alis masih menjadi tren terutama di kalangan perempuan. Dengan melakukan sulam alis, tentunya kamu bisa menghemat waktu dalam merias diri. Apalagi sulam alis bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Namun, apakah kamu sudah tahu sulam alis itu haram atau halal?

Sulam alis itu haram atau halal, ya?

Sulam alis menurut pandangan agama Islam sebenarnya belum bisa dipastikan haram atau halalnya. Lembaga Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri masih mendalami perihal isu sulam alis untuk menentukan halal atau tidaknya.  MUI masih mencari tahu apakah menyulam alis tersebut adalah tindakan mengubah ciptaan Allah atau hanya sebatas merias diri. Untuk kategori merias diri pun bahan-bahan yang digunakan untuk menyulam alis harus dipastikan halal.  Ada satu hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud At Tirmidzi menyebutkan bahwa perbuatan mengubah bentuk ciptaan Allah untuk alasan mempercantik diri dan tidak ada alasan syar'i lainnya tidak diperbolehkan.  Bertentangan dengan hadits tersebut, hadis dari Sheikh Ahmad Bin Ghanim menjelaskan bahwa mencukur bulu alis harus dibedakan dari menyambung rambut. Oleh karena itu, menyulam alis hukumnya boleh. 

Jenis sulam alis seperti apa yang dianggap haram dan halal?

Sebenarnya belum bisa dipastikan jenis sulam alis seperti apa yang dianggap haram atau halal. Jika prosesnya menyakiti diri sendiri dan mengubah bentuk yang seharusnya maka akan dianggap haram.  Namun sekarang ini, ada satu teknik sulam alis yang populer dan sangat banyak digunakan, yakni teknik eyebrow embroidery.  Eyebrow embroidery merupakan teknik sulam alis yang dilakukan dengan cara mengikuti arah tumbuh alis kamu sehingga tidak mengubah bentuk aslinya dan rasa sakitnya tidak akan begitu terasa. Sudah banyak yang menggunakan teknik ini, termasuk Everlash. Dengan menggunakan teknik tersebut, alis kamu akan terlihat natural.

Mengapa harus di Everlash?

Berikut alasan mengapa kamu harus melakukan sulam alis di Everlash dengan teknik eyebrow embroidery.

  1. Tinta yang digunakan aman

Kami menggunakan tinta yang aman, tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya dan tentunya halal, sehingga kamu bisa melakukan sulam alis dengan aman di sini.

  1. Teknik yang digunakan lebih aman

Dengan menggunakan teknik eyebrow embroidery, hasil yang didapatkan berbeda dengan tato alis. Teknik eyebrow embroidery memberikan warna pada lapisan kulit pertama dan kedua. Dengan begitu, teknik ini lebih aman digunakan daripada tato alis. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan rasa sakitnya, karena sebelum melakukan sulam alis, alismu akan diberikan krim khusus sejenis krim anestesi untuk menghilangkan rasa sakit saat proses penyulaman dilakukan.

  1. Menggunakan jarum magic embroidery pen

Embroidery pen merupakan sebutan untuk jarum kecil yang akan digunakan untuk menyulam alis. Meskipun kecil, jarum ini bisa memperbaiki bentuk alis dan menutupi alis yang tidak rata menjadi alis yang lebat dan natural.

  1. Hasil yang jauh lebih alami

Kamu tidak akan kecewa jika melakukan sulam alis dengan teknik eyebrow embroidery di sini. Hasil alis yang kamu dapatkan terlihat sangat alami, sehingga kamu tidak terlihat seperti orang yang melakukan sulam alis. 

Bagaimana cara melakukan pemesanan di Everlash?

Jika kamu berminat melakukan sulam alis di Everlash, kamu bisa berkunjung ke 5 lokasi toko kami yang berada di Kemang, Menteng, Plaza Senayan, Mall Pondok Indah 2, dan Mall Kelapa Gading 5. Toko kami di Kemang berlokasi di jalan Benda No. 46 F, RT.6/RW.4, Cilandak Tim. Jakarta Selatan. Sedangkan yang di Menteng berlokasi di jalan Teuku Cik Ditiro No.36, RT.10/RW.5, Menteng, Jakarta. Kami juga menyediakan layanan home care dan private treatment. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi laman https://www.everlash.id/ kemudian tekan tombol WhatsApp yang berada di bawah pojok kanan.  Selanjutnya, kamu akan langsung terhubung ke WhatsApp dan kamu bisa melakukan booking untuk sulam alis yang kamu inginkan. 

WhatsApp