Sulam Eyeliner : 5 Hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Melakukannya

February 2, 2021

Kamu punya mata yang kecil atau sipit? Tentunya akan sangat membutuhkan eyeliner di garis mata agar memberi efek lebih lebar. Hanya saja mengaplikasikan eyeliner terkadang cukup tricky, terutama bagi pemula. Belum lagi dengan efek mata panda yang muncul ketika mencuci muka, maka kamu butuh resolusi lebih baik. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan eyeliner embroidery atau yang dikenal juga sebagai sulam eyeliner. Sesuai namanya, perawatan ini memiliki teknik yang mirip dengan sulam alis. Agar tidak penasaran, berikut informasi lengkapnya.

Sekilas Tentang Eyeliner Embroidery dan Manfaatnya

Sulam eyeliner merupakan perawatan kecantikan non bedah dengan mengaplikasikan tinta khusus dari bahan herbal di permukaan kelopak mata, tepatnya di garis mata. Tujuan dari perawatan ini adalah membingkai mata agar lebih tegas dan memberi efek lebih besar. Hasil akhirnya adalah mirip dengan mengaplikasikan eyeliner konvensional, namun bisa bertahan lebih lama. Satu kali perawatan dengan teknik sulam atau embroidery ini maka kamu bisa mendapatkan eyeliner yang bertahan sampai 3 tahun. Sehingga selama tiga tahun tersebut kamu tidak perlu repot lagi mengaplikasikan eyeliner dan tidak perlu khawatir lagi dengan efek mata panda.

Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Melakukannya

Perawatan bertajuk eyeliner embroidery ini memang tengah naik daun dan banyak dilirik, karena menawarkan prosedur kecantikan tanpa rasa sakit dan hasil yang tahan lama. Namun dibalik kelebihannya, kamu tentu wajib mengulik lebih dalam mengenai perawatan ini. Sebab siapa tahu kamu malah merasa kurang cocok dengannya, dan berikut adalah beberapa hal yang wajib kamu tahu mengenai sulam eyeliner tersebut:

1. Tinta yang Digunakan Berbeda dengan Tinta Tato Konvensional

Teknik sulam eyeliner adalah mengaplikasikan tinta khusus untuk disuntikan ke permukaan kulit atau di area garis mata. Proses ini memang menggunakan tinta yang memberi hasil semi permanen. Namun perlu diketahui jenis tinta yang digunakan berbeda dengan tinta untuk tato permanen dan tato semi permanen. Kabarnya, tinta yang digunakan dalam eyeliner embroidery memakai bahan herbal sehingga tetap aman diaplikasikan di area dekat mata. Sekaligus aman untuk pemilik kulit sensitif, dan berhubung memakai bahan herbal maka hasilnya pun akan tampak natural.

2. Perlu Konsultasi Dulu dengan Dokter  

Meskipun perawatan dengan teknik embroidery ini masuk kategori perawatan kecantikan non bedah. Namun proses perawatannya dengan cara injeksi atau penyuntikan tinta khusus di area garis mata. Sehingga dalam beberapa kondisi kamu perlu konsultasi dengan dokter sebelum melakukannya. Perawatan ini kurang dianjurkan untuk kamu yang punya riwayat diabetes, sedang hamil atau dalam masa menyusui, dan juga sedang mengalami gangguan kesehatan yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Jadi, kamu wajib memastikan dalam kondisi benar-benar sehat sebelum melakukannya.

Sulam Eyeliner : 5 Hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Melakukannya

3. Pastikan Area Eyeliner Benar-Benar Bersih

Satu pekan sebelum menjalani perawatan eyeliner embroidery kamu wajib membersihkan area mata. Salah satunya adalah eyelash extension jika kamu memang memilikinya. Selain itu, sebelumnya kamu juga perlu membersihkan area mata dari segala bentuk makeup.

4. Terdapat Beberapa Pilihan Bentuk  

Perawatan sulam eyeliner tersedia dalam beberapa pilihan bentuk atau model. Kamu bisa meminta bentuknya tipis, tebal, memiliki bentuk mata kucing, dan lain sebagainya sesuai keinginan. Namun kamu juga bisa konsultasi dulu dengan terapis terkait bentuk yang ideal dengan bentuk mata dan bentuk wajah.

5. Proses Perawatan

Perawatan embroidery di garis mata atau eyeliner ini membutuhkan waktu antara 2 sampai 3 jam. Proses pertamanya adalah membersihkan kelopak mata dan kemudian mengaplikasikan krim khusus. Baru kemudian proses injeksi tinta khusus dilakukan.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu semakin tertarik untuk mencoba perawatan eyeliner embroidery? Jika iya, maka pastikan perawatan ini dilakukan di klinik yang terpercaya ya seperti Everlash ya.

WhatsApp