5 Tips Mengatasi Bulu Mata Pendek agar Tampak Lentik

September 25, 2020

Bulu mata merupakan bagian dari mata yang memiliki fungsi estetik. Akan tetapi tidak semua orang memiliki bulu mata lentik. Orang yang memiliki karakteristik bulu mata pendek umumnya akan mengalami kesusahan dalam melentikkannya. Tapi tenang, artikel ini akan menjelaskan cara menumbuhkan bulu mata dan tips untuk melentikkan bulu mata yang pendek supaya terlihat lebih cantik dan menawan. Simak penjabaran berikut ini.

Tips Melentikkan Bulu Mata yang Pendek

Berikut merupakan cara melentikkan bulu mata pendek yang dapat menambah kesan elegant pada garis wajah Anda :

1. Gunakan eyelash serum

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk melentikkan bulu mata yakni penggunaan serum bulu mata. Serum ini memiliki mekanisme kerja yaitu mendukung pertumbuhan bulu mata serta mencegah terjadinya kerontokan pada bulu mata Anda. Serum bulu mata ini mengandung bahan aktif berupa biotin, peptide, dan sodium hyaluronate yang memiliki mekanisme kerja sebagai pemersatu atau pengikat setiap helaian bulu mata. Sehingga bulu mata akan tampak rapih dan lebih tebal.

2. Pemolesan bulu mata dengan minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang mendunia. Umumnya, minyak zaitun ini digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Akan tetapi, kandungan vitamin A dan E pada minyak tersebut juga memiliki khasiat untuk mendukung pertumbuhan bulu mata dan memberikan efek emollient (melembapkan) bulu mata sehingga mudah untuk dilentikkan.

3. Menggunakan penjepit bulu mata hangat

Umumnya, cara kaum hawa untuk melentikkan bulu mata menggunakan penjepit bulu mata. Alan tetapi, hasil dari jepitan tersebut kurang maksimal dan bulu mata akan kembali pada keadaan semula dalam waktu pendek. Sehingga metode yang menjadi alternatif adalah menghangatkan penjepit tersebut sebelum digunakan. Anda dapat menghangatkannnya dengan merendam bagian penjepit bulu mata ke dalam air hangat, lalu keringkan penjepit tersebut dengan mengibas-ngibaskannya, dan aplikasikan alat tersebut secara perlahan pada bulu mata Anda.

4. Memanfaatkan green tea

Teh hijau memiliki kandungan flavonoid yang mampu mendukung pertumbuhan bulu mata. Sehingga Anda dapat mengaplikasikan bahan alami ini untuk memanjangkan dan melentikkan bulu mata Anda. Hal itu dapat dilakukan dengan cara menyeduh teh hijau lalu mendiamkannya hingga dingin. Setelah itu, seduhan teh hijau dapat Anda aplikasikan pada bulu mata menggunakan cotton bud.

5. Mengombinasikan maskara dengan loose powder

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan untuk melentikkan bulu mata adalah mengombinasikan penggunaan maskara dan bedak tabur. Langkah yang perlu Anda lakukan yaitu menggunakan maskara sebagai langkah awal diikuti dengan pemberian bedak tabur pada bulu mata menggunakan sikat maskara bekas atau cotton bud. Pilihlah bedak tabur dengan tekstur yang halus dan lembut. Pengaplikasian kedua bahan tersebut akan memberikan hasil lentik dan tebal pada bulu mata Anda.

5 Tips Mengatasi Bulu Mata Pendek agar Tampak Lentik

Cara Menumbuhkan Bulu Mata

Selain tips untuk melentikkan bulu mata, terdapat cara-cara untuk merawat bulu mata supaya tampak lebih indah. Hal tersebut diantaranya :

1. Menggunakan perawatan khusus

Perawatan khusus yang dapat digunakan untuk menumbuhkan bulu mata yakni teknik lash regrowth di Everlash. Teknik tersebut merupakan salah satu bentuk perawatan yang dapat mendukung pertumbuhan bulu mata menggunakan teknologi nano yang bersifat tetap (permanen). Dengan jenis perawatan ini, hasil yang Anda peroleh berupa bulu mata yang tebal dan lebih mudah untuk dilentikkan.

2. Memanfaatkan bahan-bahan alami

Terdapat bahan-bahan alami yang mampu meningkatkan pertumbuhan bulu mata, diantaranya :

a. Daun sirih

Cara untuk mengaplikasikan daun sirih dalam membantu pertumbuhan bulu mata yaitu mengoleskan tangkai daun sirih pada bagian akar atau ujung bulu mata setiap malam secara rutin.

b. Air kelapa

Air kelapa mengandung kalium, khlor, sitokinin, dan klorin dalam jumlah besar. Kandungan tersebut memberikan khasiat pada kesehatan tubuh termasuk untuk mendukung pertumbuhan bulu mata sehingga tampak lebih tebal.

c. Lidah buaya

Kandungan protein, vitamin A dan C pada lidah buaya memberikan khasiat dalam menebalkan rambut termasuk bulu mata secara alami. Lidah buaya dapat diaplikasikan untuk perawatan bulu mata dengan cara mengoleskan lendir lidah buaya setiap pagi. Akan tetapi, pengolesan lendir tersebut tidak boleh mengontaminasi bagian kelopak mata karena dapat menimbulkan iritasi.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai cara menumbuhkan bulu mata dan tips untuk melentikkanya. Semoga bermanfaat dan enjoy it, ya!

WhatsApp