Mitos dan Fakta Menumbuhkan Bulu Mata Secara Alami

March 25, 2021

Memiliki bulu mata lentik, tebal, panjang, nan sehat adalah impian banyak wanita. Tidak sedikit pula kaum hawa yang  rela melakukan apapun untuk mendapatkan standar kecantikan bulu mata tersebut, termasuk memakai berbagai bahan penumbuh bulu mata. Tidak sedikit kabar burung yang beredar bahwa ada beberapa bahan alami yang terkenal dapat menumbuhkan bulu mata. Apakah itu benar? Mari kita ulas bersama!

Bahan Alami Penumbuh Bulu Mata, Fakta atau Mitos?

Banyak informasi di dunia maya mengenai bermacam bahan alami yang konon dapat menumbuhkan bulu mata. Sayangnya tidak semua informasi yang tesaji adalah akurat. Untuk penjelasan lebih lanjut, mari kita ulas bersama.

1. Menyisir Bulu Mata

Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa menyisir bulu mata dapat menumbuhkannya,karena minyak yang ada di bulu akan tersebar secara merata sehingga membantunya cepat tumbuh. Faktanya, hal tersebut justru berbahaya apalagi bagi Anda yang memiliki bulu mata rapuh. Bukan semakin tumbuh, justru malah semakin mudah rontok. Jadi, menyisir bulu mata sebagai salah satu cara agar bulu mata tumbuh adalah mitos.

2. Menggunakan Petrolatun Jelly

Petrolatun Jelly biasa dijumpai sebagai bahan campuran kosmetik. Hal ini membuktikan bahwa petrolatun memiliki kandungan nutrisi yang baik. Namun, apakah petrolatun bisa menjadi penumbuh bulu mata secara alami? Petrolatun jelly memiliki kandungan yang mampu menjaga kelembaban kulit di saat cuaca tidak menentu. Selain itu petrolatun bisa menjadikan bulu mata Anda terkesan lebih bersinar, bukan untuk menumbuhkan. Kesimpulannya adalah petrolatun tidak bisa menumbuhkan bulu mata, ya.

3. Menggunakan Minyak Jarak

Menurut penelitian, minyak jarak memang digunakan sebagai obat sejumlah penyakit tubuh maupun perawatan, termasuk pada kulit. Kandungan senyawa lemak pada minyak jarak membantu mengatasi kerontokan rambut, termasuk bulu mata sehingga membuatnya lebih kuat. Sifat anti bakteri dan inflamasi pada minyak jarak membantu menjaga kelembaban serta membuat bulu mata lebih kuat terhadap make up. Perawatan pada bulu mata dengan mengaplikasikan minyak jarak bukan sesuatu yang salah. Pastikan saja Anda tidak mengalami reaksi alergi ketika menggunakannya. Kesimpulannya minyak jarak hanya membuat bulu mata menjadi lebih kuat, bukan sebagai penumbuh bulu mata alami.

Tips Menjaga Bulu Mata Agar Tetap Sehat

Berikut adalah bahan alami dan beberapa cara yang dapat Anda jadikan sebagai referensi guna menjaga bulu mata tetap sehat sehingga tidak menganggu pertumbuhannya. Simak ulasan berikut.

1. Teh Hijau

Peran teh hijau dalam kiprah kesehatan sudah tidak perlu diragukan, bahkan teh hijau kerap dijadikan sebagai bahan produk kecantikan, termasuk menumbuhkan bulu mata. Kandungan anti oksidannya membantu membuat bulu mata Anda menjadi lebih sehat, tidak mudah rontok. Cara memakainya adalah seduh teh hijau, gunakan kapas untuk mencelupkannya ke air teh dan usapkan pada bulu mata secara perlahan. Dianjurkan menggunakan teh hijau bubuk agar hasilnya lebih maksimal.

2. Lidah Buaya

Kandungan vitamin dan mineral pada lidah buaya membantu menjaga kelembaban, menutrisi kulit, menjaga kesehatan rambut, dan turut membantu mencegah kerontokan pada bulu mata. Cukup oleskan esktrak lidah buaya pada bulu mata, kemudian diamkan semalaman.

3. Makan Makanan yang Bergizi

Sangat direkomendasikan memakan makanan yang mengandung zat besi, protein, sayuran, serta buah-buahan untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan bulu mata. Jangan lupa untuk cukup beristirahat agar mata tidak mudah lelah sehingga terhindar rasa ingin mengucek mata yang menyebabkan kerontokan.

4. Jaga Kebersihan Area Mata

Mata adalah salah satu anggota tubuh yang cukup sesitif. Pastikan area mata selalu dalam keadaan bersih untuk menghindari kondisi bulu mata memburuk. Pencegahan ini dapat Anda lakukan dengan selalu menghapus make up sebelum tidur, membersihkan perkakas make upsecara berkala, seperti spons riasan dan kuas.

Demikian ulasan mengenai fakta dan mitos menumbuhkan mulu mata secara alami beserta tips menjaganya. Ternyata tidak semua informasi, termasuk bahan alami penumbuh bulu mata yang beredar adalah benar ya. Semoga artikel ini menjadi referensi dan bermanfaat!

WhatsApp